Gempa 5,8 Skala Richter Guncang Selandia Baru

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa berkekuatan 5,8 Skala Richter mengguncang barat daya Invercargill, Selandia Baru. Badan Geologi Selandia Baru, Geonet, menyatakan bahwa gempa tersebut telah menyebabkan getaran sedang di dekat Invercargill. Belum ada laporan adanya korban jiwa.

Dulu Dihindari, Kini Selandia Baru Banyak Diminati Wisatawan

Gempa tersebut terjadi di 585 KM barat daya Invercargill pada kedalaman 12 KM. Menurut Geonet, gempa tersebut terasa hingga sekitar wilayah Balclutha, Gore, Invercargill, Lumsden, Roxburgh, Te Anau dan Tuatapere.

Diberitakan New Zealand Herald, Rabu, 20 September 2017, gempa tersebut terjadi di daerah seismik yang aktif di mana telah terjadi beberapa guncangan besar yang terdokumentasi baru-baru ini.

Pertemuan Hangat Presiden Jokowi dan PM Selandia Baru, Ini yang Dibahas

Gempa kali ini menyusul gempa sebelumnya berkekuatan 6,4 SR pada Juli lalu yang mengguncang 190 KM barat daya Kepulauan Snares yang juga dirasakan oleh orang-orang di sekitar South Islands.

Pada tahun 2009, gempa berskala 7,8 SR sempat menghantam Fiordland, melepaskan energi 25.000 kali lebih kuat dibanding bom atom yang jatuh pada tahun 1945 di Nagasaki dan memutar South Islands.

Pendekatan Gereja untuk Bebaskan Pilot Disandera KKB agar Tak Ada Korban Sipil, Menurut Pengamat

Kendati demikian, ahli seismologi Geonet, Dr Anna Kaiser, mengatakan, tidak ada hubungan langsung antara gempa besar yang melanda Mexico City dengan yang terjadi di Selandia Baru hari ini. (one)

Ilustrasi work-life balance

10 Negara dengan Keseimbangan Hidup-Kerja Terbaik di Dunia

Remote, platform SDM global yang digunakan oleh beberapa merek terbesar di dunia, telah mempelajari budaya kerja 60 negara dengan PDB tertinggi di seluruh dunia.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024