Soal Rohingya, JK Minta Jangan Hanya Sekadar Mengutuk

anak pengungsi rohingya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zulkarnaini Muchtar

VIVA.co.id – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mendesak negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) tak sekadar memberi pernyataan mengutuk atas tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Krisis Rohingya sendiri saat ini sedang menjadi bahasan di Sidang Umum PBB yang sedang berlangsung di New York, Amerika Serikat. JK menyampaikan, krisis yang belakangan semakin parah itu diharapkan tidak sekadar hanya jadi pembahasan negara-negara anggota PBB saja.

"Sekarang ini masih banyak yang mengutuk, memberi resolusi, dan lain sebagainya. Kita ingin mengatakan, kita harus mengimplementasikan apa yang kita inginkan," ujar JK di sela-sela sidang itu, dikutip dari keterangan Sekretariat Wakil Presiden.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Menurut JK, cara yang bisa diambil adalah dengan mencontohkan hal yang dilakukan Indonesia. Indonesia sendiri, sejak krisis dimulai, telah menunjukkan sikap pro-aktif membantu menanggulangi krisis, seperti mengirimkan berton-ton bantuan, serta diplomasi langsung terhadap Pemerintah Myanmar.

"Negara-negara OKI sendiri sudah memberikan perhatian. Tetapi kita tentu ingin pelaksanaan yang lebih positif, bagaimana menyangkut bantuan kemanusiaannya.” (mus)

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR
Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024