ISIS Luncurkan Rekaman Suara Baghdadi

Pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.
Sumber :
  • REUTERS/Social Media Website via Reuters TV

VIVA.co.id – Kelompok ISIS merilis sebuah rekaman audio pimpinan Abu Bakr al-Baghdadi, yang meminta pengikut kelompok ekstremis tersebut untuk 'melawan orang-orang kafir'. Rekaman berdurasi 46 menit itu dirilis melalui media afiliasi ISIS, Al-Furqan.

4 Kandidat Pengganti Al-Quraishi Pemimpin ISIS yang Meledakkan Diri

Dalam audio tersebut, pemimpin ISIS tersebut merujuk pada ancaman Korea Utara terhadap Jepang dan Amerika Serikat. Ini adalah seruan pertama Baghdadi selama satu tahun, di mana beberapa kali ia dikabarkan telah meninggal dunia dalam serangan.

"Para pemimpin Negara Islam dan tentaranya telah menyadari bahwa jalan menuju kemenangan adalah dengan bersabar dan melawan orang-orang kafir," katanya dalam pesan tersebut, seperti dilansir Al Jazeera, Jumat 29 September 2017.

Jaksa: Munarman Berbaiat ke Pimpinan ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

Dalam sebuah pernyataan, seorang pejabat intelijen Amerika mengatakan bahwa rekaman tersebut bisa jadi adalah sebuah fakta. Meski demikian, rekaman tersebut masih diverifikasi.

"Kami telah mengetahui rekaman audio yang diklaim berasal dari Baghdadi dan sedang mengambil langkah untuk memeriksanya," kata pejabat yang tak disebutkan namanya tersebut.

Cek Fakta: Anies Baswedan Berfoto Bersama Ulama Ideolog ISIS

Pidato terakhir Baghdadi sebelumnya dikeluarkan pada awal November 2016, dua minggu setelah dimulainya pertempuran di Kota Mosul, Irak. Saat itu, dia mendesak para pengikutnya untuk melawan 'orang-orang yang tidak beriman'.

Pasukan Irak yang didukung koalisi Amerika, sejak itu telah mengalahkan ISIS di Mosul di mana Baghdadi mendeklarasikan kekhalifahan diri tiga tahun yang lalu.

Pejabat mengatakan mereka yakin butuh beberapa tahun untuk menangkap atau membunuh al-Baghdadi, karena dia diperkirakan bersembunyi di ribuan mil gurun yang jarang penduduknya antara Mosul dan Raqqa, di Suriah. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya