Ingin 'Jinakkan' AS, Jutaan Pemuda Korut Daftar Militer

Warga Korea Utara saat memperingati hari nasional negara tersebut di Pyong yang.
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA.co.id – Korea Utara mengklaim bahwa 4,7 juta warganya telah mengajukan diri untuk bergabung dan mendaftar sebagai anggota militer. Tingginya pendaftar militer ini terjadi sejak Kim Jong-un mengancam untuk "menjinakkan" Presiden Amerika Donald Trump "dengan api" pekan lalu.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Menurut surat kabar Rodong Sinmun, sebagaimana dikutip USA Today, jutaan laki-laki dan 1,22 juta perempuan berusia muda mengatakan mereka ingin mendaftar untuk melawan Amerika Serikat.

Pyongyang sebelumnya mengklaim bahwa warga Korea Utara secara sukarela bergabung dengan militer sebagai bagian dari kampanye propaganda untuk meningkatkan solidaritas.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Seperti diketahui, langkah pemuda untuk bergabung dengan militer Korea Utara terjadi setelah Kim mengeluarkan sebuah pernyataan bahwa dia segera “menjinakkan” Trump dengan “api”. Ini diungkapkan setelah Trump pada Sidang Majelis Umum PBB di New York menegaskan akan menghancurkan Korea Utara secara total.

Sementara itu, China, salah satu sekutu Pyongyang yang paling penting, memerintahkan penutupan perusahaan Korea Utara di China dan menutup perusahaan gabungan China-Korut dalam jangka waktu 120 hati ke depan, sesuai dengan sanksi terbaru PBB yang dikeluarkan 12 September lalu.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator
VIVA Militer: Asops Panglima TNI cek kesiapan pengiriman bantuan ke Palestina

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Meski 5 negara ini memiliki kekuatan militer yang besar, penting untuk diingat bahwa jumlah tentara aktif hanyalah salah satu aspek dari kekuatan pertahanan suatu negara.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024