Arab Saudi Giliran Beli Rudal Paling Canggih Amerika

Presiden AS, Donald Trump, dan Raja Arab Saudi, Salman, menari bersama dengan pedang.
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA.co.id – Pemerintah Amerika Serikat setuju untuk menjual sistem pertahanan rudal paling canggih mereka, Terminal High-Altitude Area Defense (Thaad). Angka penjualan mencapai US$15 miliar.

Sah, Perempuan di Arab Saudi Boleh Nyetir Mobil di Jalanan

Departemen Luar Negeri AS mengatakan kesepakatan itu didorong oleh kepentingan keamanan nasional dan kebijakan luar negeri. "Sistem ini akan meningkatkan keamanan Saudi dan negara-negara teluk terhadap Iran dan ancaman dari negara lain," kata Deplu AS melalui sebuah pernyataan.

Diberitakan oleh BBC, 7 Oktober 2017, pernyataan tersebut disampaikan hanya selang satu hari setelah Arab Saudi setuju untuk membeli sistem pertahanan udara dari Rusia.

Sepuluh Perempuan Saudi Pertama Akhirnya Dapat SIM

Badan Pelaksana Pertahanan Keamanan Pentagon mengatakan, kesepakatan itu tak akan mengubah keseimbangan militer di wilayah tersebut.

Sistem Thaad juga sudah diterapkan di Korea Selatan untuk melindungi negara tersebut dari kemungkinan serangan rudal yang dilakukan Korea Utara. Namun banyak warga Korea Selatan keberatan, karena khawatir sistem itu  akan menjadi target Korea Utara dan membahayakan nyawa orang-orang yang tinggal di dekat lokasi peluncurannya.

Masih Ada 20 WNI di Arab Saudi Terancam Hukuman Mati

China juga menyuarakan penolakan terhadap sistem tersebut, dengan mengatakan hal itu akan mempengaruhi keseimbangan keamanan regional. (hd)

Airman Mohammad Sameh Haitham (left) and ensign Joshua Kaleb Watson - US Navy Photo

Pangkalan Angkatan Laut AS Diserang Personel Militer Saudi

Tiga orang kelasi tewas dalam insiden tersebut.

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2019