Ikut Jejak Amerika Serikat, Israel juga Keluar dari Unesco

PM Israel, Benjamin Netanyahu.
Sumber :
  • REUTERS/Marcos Brindicci

VIVA.co.id – Israel ikut keluar dari Badan PBB, Unesco, mencontoh langkah Amerika Serikat yang terlebih dahulu hengkang dari badan yang mengurusi bidang pendidikan dan kebudayaan itu. Langkah AS keluar dari Unesco bahkan diapresiasi Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu.

Ganja Dalam Kuliner? Ternyata ini 8 Fakta Menarik Kota Banda Aceh

"Keputusan yang sangat berani karena memang Unesco jadi semacam ancaman yang absurd. Alih-alih menjaga sejarah dan budaya," kara Benyamin Netanyahu sebagaimana dilansir laman Independent.

PM Netanyahu sudah meminta Menlu Israel untuk menyiapkan segala keperluan administrasi keluarnya Israel secara paralel.

7 Fakta Cappadocia, Destinasi Wisata Impian Kinan di Layangan Putus

Sebelumnya, Kemenlu AS mengumumkan keluarnya dari Unesco dan akan menjadi negara non anggota dengan peran observator pada tahun 2018.

AS mengkritik soal sikap Unesco yang dinilai bias dan cenderung anti-Israel dengan mengatasnamakan reformasi yang fundamental.

Gamelan Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya UNESCO

"Warga AS tidak akan membayari kebijakan yang memuat kebencian terhadap nilai-nilai kami dan mengejek akal sehat," kata Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley. (ase)

BBC Indonesia

UNESCO Kunjungi Labuan Bajo di Tengah Protes atas Proyek Pembangunan

UNESCO dan tim asesor dari IUCN mengunjungi Labuan Bajo guna memastikan Taman Nasional Komodo - situs warisan budaya dunia tidak terganggu. Apakah langkahnya telat?

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022