Bobot 7,1 Kg, Quoc Bayi Baru Lahir Terberat di Negaranya

ilustrasi bayi.
Sumber :
  • Pixabay/woodypino

VIVA.co.id – Seorang wanita asal Vietnam terkejut ketika anak laki-lakinya yang baru lahir ternyata memiliki bobot hingga 7,1 kilogram. Kelahiran ini diperkirakan sebagai kelahiran bayi dengan bobot terberat yang pernah dilaporkan di negara tersebut.

ART Nana Mirdad Temukan Bayi Baru Lahir di Semak Dekat Rumahnya, Tak Pakai Baju Maupun Alas

Wanita tersebut melahirkan bayinya pada Sabtu, 14 Oktober 2017 di Provinsi Vinh Phuc utara. "Ketika dokter mengatakan berat anak saya 7,1 kg, kami semua tidak dapat mempercayainya," kata suaminya bernama Tran Van Quan seperti dikutip Asia One.

Dokter mulanya memberi tahu ibu bernama Nguyen Kim Lien bahwa bayinya akan memiliki berat sekitar 5 kg. Namun, dia tidak mengira bahwa bobot sang bayi akan lebih berat dari angka itu.  

Rentan Infeksi, Begini Cara Tepat Rawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

"Dia memiliki berat 7,2 kg setelah dipakaikan baju, jadi sedikit lebih berat daripada saat keluar dari rahim ibunya," ujar Quan, staf rumah sakit yang membenarkan berita tersebut.

Keluarga bahagia itu menamai anaknya Tran Tien Quoc. Van Quan mengatakan bahwa baik ibu dan bayinya kini dalam keadaan sehat.

Viral Bayi Meninggal Diduga Akibat Pelayanan Buruk Klinik di Tasikmalaya, Begini Faktanya

Bayi Quoc diharapkan akan bisa pulang ke rumah setelah sang ibu pulih dari luka operasi caesar. Quoc adalah putra kedua pasangan ini setelah anak pertamanya lahir pada 2013 dengan bobot 4,2 kg.

Bayi besar terakhir yang menjadi berita utama di Vietnam adalah yang lahir pada 2008, ketika seorang wanita melahirkan bayi perempuan dengan berat hampir 7 kg di Provinsi Gia Lai.

Sementara itu, bayi baru lahir terberat di dunia menurut catatan Guinness World Records dipegang oleh seorang bayi yang lahir 1955 di Aversa, Italia dengan berat 10,2 kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya