RI Dorong Nuklir untuk Tujuan Damai, Bukan Dibikin Senjata

Diskusi Kajian Diplomasi Nuklir
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA – Posisi pemerintah Indonesia terkait isu nuklir dunia tak berubah, yaitu menolak dimanfaatkan sebagai senjata. Indonesia hanya mendukung penggunaan nuklir untuk tujuan damai dan Indonesia berperan aktif terkait hal tersebut.

Bos Yakuza Ditangkap Usai Jual Uranium yang Digunakan Untuk Buat Senjata Nuklir

Di kalangan masyarakat awam, nuklir dianggap cenderung digunakan untuk senjata perang. Namun, ternyata, nuklir belakangan juga dinilai bisa dipetik manfaatnya.  

"Ketika nuklir memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat saat itulah diplomasi nuklir yang membumi dilakukan. Penggunaan nuklir harus memberi manfaat bagi pembangunan dan masyarakat," kata Wakil Tetap RI untuk Austria, Darmansyah Djumala, dalam acara diskusi soal diplomasi nuklir di Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2017.

Tak Punya Senjata, Ukraina Songong Tantang Rusia Perang Nuklir

Dubes Darmansyah mengungkapkan, saat ini banyak pemanfaatan nuklir yang sangat membantu kehidupan masyarakat seperti di bidang kesehatan atau medis, pertanian, energi, peternakan, serta kebutuhan industri dan
penelitian.

"Di bidang lingkungan hidup misalnya bisa dideteksi perubahan iklim melalui analisis ekosistem batu karang. Indonesia telah menyumbang data penting untuk menanggulangi dampak perubahan iklim," ujarnya.

Rusia Pertanyakan Kepemilikan Senjata Nuklir Israel

Ia mengakui, Indonesia adalah "pemain lama" yang memanfaatkan nuklir untuk kesejahteraan masyarakat. Bahkan saat ini, Indonesia juga menjabat sebagai Ketua Dewan Gubernur International Atomic Energy Agency (IAEA) periode September 2017 hingga September 2018..

Diharapkan dengan posisi ketua tersebut akan membawa insentif bagi Indonesia dalam hal transfer teknologi dan pengembangan kapasitas SDM untuk pemanfaatan nuklir. (ren)

VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat di Timur Tengah

10 Negara dengan Tentara Terkuat di Dunia, Punya Jutaan Militer dan Ribuan Senjata Nuklir

Ada 10 negara yang memiliki tentara terkuat di dunia. Daftar ini berdasarkan berbagai faktor seperti anggaran pertahanan, kekuatan tempur, dan teknologi militer.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024