Selandia Baru Punya PM Baru, Wanita Muda 37 Tahun

Jacinda Ardern
Sumber :
  • Sky News

VIVA – Selandia Baru kini memiliki pemerintahan baru setelah satu bulan lamanya mengalami kebuntuan pascapemilihan. Babak baru akan dimulai dengan terpilihnya Jacinda Ardern menjadi Perdana Menteri.

Guru Besar UI Kritik Selandia Baru Tak Peduli soal Pilot Susi Air: Aneh, Apakah Wajar?

Diberitakan Skynews, Kamis, 19 Oktober 2017, kebuntuan itu akhirnya terpecahkan ketika Partai Buruh mendapat dukungan dari partai nasionalis kecil bernama New Zealand First.

Keputusan yang diumumkan hari ini waktu setempat membuat Ardern, wanita berusia 37 tahun sebagai pemimpin termuda di Selandia Baru dan Perdana Menteri wanita ketiga yang ada di negaranya.

TNI Sebut Selandia Baru Serahkan Pembebasan Pilot Susi Air ke Indonesia

Ardern yang terpilih sebagai pemimpin Partai Buruh tiga bulan lalu telah dibanding-bandingkan dengan pemimpin muda lainnya seperti Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Pemilu sebelumnya adalah yang pertama kalinya dilakukan di Selandia Baru sejak diperkenalkan representasi proporsional tahun 1996 bahwa partai dengan jumlah suara terbanyak telah gagal mendapatkan kekuasaan.

Selandia Baru Umumkan Negaranya Kini Memasuki Resesi

Dalam sebuah pernyataan singkat untuk menanggapi keputusan tersebut, PM Ardern mengatakan bahwa Selandia Baru kini memulai hari baru yang lebih baik.
  
"Kami bercita-cita menjadi pemerintah bagi semua orang Selandia Baru dan akan memanfaatkan kesempatan untuk membangun Selandia Baru yang lebih adil dan lebih baik," kata PM Ardern. (ase)

Ilustrasi kaya-raya.

5 Negara dengan Persentase Jutawan Tertinggi di Dunia

Kemakmuran ekonomi suatu negara sering kali diukur melalui berbagai indikator, salah satunya adalah jumlah jutawan yang tinggal di negara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024