RI Sesalkan Pelarangan Gatot Nurmantyo ke AS

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Panglima TNI Gatot Nurmantyo batal berangkat ke AS karena ditolak oleh negara tersebut. Pembatalan keberangkatan Gatot disampaikan oleh pihak maskapai Emirat.

14 Jenderal TNI Bintang 4 yang Berkiprah di Era Kepemimpinan Jokowi

Pihak Kementerian Luar Negeri menyesalkan kejadian tersebut. Menurut Dirjen Amerika dan Eropa Mohammad Anshor,  memang ada masalah internal dari pihak US tapi terlambat disampaikan ke maskapai Ettihad.

"Memang ada masalah. Mereka sudah berusaha menyelesaikan tapi terlambat disampaikan ke pihak maskapai, sehingga terjadi masalah itu," ujar Anshor kepada VIVA.co.id melalui sambungan telepon, Minggu, 22 Oktober 2017.

Moeldoko Minta Dugaan Kecurangan Pemilu Tak Diselesaikan dengan 'Cara Jalanan'

Anshor mengatakan, pihaknya sudah meminta klarifikasi secara resmi. "Tadi pagi kita sudah minta klarifikasi secara formal karena kemarin baru via telpon. Kita minta klarifikasi agar tidak ada lagi kejadian seperti ini," ujarnya menambahkan.

Anshor juga menekankan,  pemerintah Indonesia menyesalkan hal ini. "Karena ini adalah masalah serius. kita tak ingin ada dampak lebih lanjut," katanya menegaskan.

Sosok 2 Jenderal Bintang 4 yang Masih Aktif Bertugas di TNI, Bukan Orang Sembarangan

Rencananya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan berangkat ke Amerika Serikat pada Sabtu, 21 Oktober 2017.  Gatot berangkat ke negara Paman Sam untuk memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Joseph F Durford, Jr. Rencananya panglima akan bertolak menggunakan maskapai penerbangan Ettihad Airways.

Tapi di bandara Soekarno Hatta, pihak maskapai memberitahu, Gatot tak bisa berangkat karena tak ada izin untuk memasuki Amerika Serikat. (mus)

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Ini 5 Jenderal Bintang 4 yang Paling Terkenal di Indonesia, Bukan Orang Sembarangan

Ada lima jenderal peraih bintang 4 yang paling terkenal di Indonesia. Dalam dunia militer, Jenderal merupakan pangkat tertinggi yang bisa dicapai oleh prajurit

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024