Korut Gelar Latihan Perang Tak Wajar, Ada Evakuasi Massal

Kim Jong-un menyaksikan peluncuran rudal Korut
Sumber :
  • KCNA via REUTERS

VIVA – Korea Utara tampak cukup serius menghadapi segala kemungkinan, termasuk jika pecah perang melawan pasukan Sekutu. Kabar terakhir, Korut bahkan telah melakukan latihan perang dengan melakukan evakuasi massal di beberapa kota.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Dari beberapa sumber yang mengatakan kepada NK News, latihan perang ini dilakukan di beberapa kota sekunder dan tersier, terutama di sepanjang pantai timur. Namun latihan tidak dilakukan di beberapa kota besar.

Latihan perang tak biasa ini memang banyak menimbulkan tanda tanya dari beberapa negara seteru Korea Utara. Ada yang menganggap itu sebagai sebuah kepanikan Korut. Tak sedikit juga yang menganggap Korut memang telah mantap untuk menantang Amerika Serikat dan sekutunya.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

"Saya belum pernah mendengar jenis latihan ini sebelumnya di Korea Utara, tapi saya tidak terkejut. Mereka memang harus menyadari betapa serius situasi yang sedang terjadi," kata Chun In-bum, seorang letnan jenderal bintang tiga Korea Selatan.

Hubungan Korut dengan Amerika Serikat semakin memanas setelah Korut beberapa kali menggelar uji coba nuklir dan rudal, termasuk rudal balistik antar benua yang tentu dapat menjangkau Amerika Serikat.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

"Korea Utara telah mempercepat ancaman yang ditimbulkannya kepada negara-negara tetangga dan dunia melalui program rudal dan senjata ilegal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan," kata Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis, saat mengunjungi Korea Selatan.

Jim Mattis menegaskan pihaknya tak gentar dengan sesumber pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un yang mengaku akan membangun militer yang seimbang dengan AS. (ase)

VIVA Militer: Asops Panglima TNI cek kesiapan pengiriman bantuan ke Palestina

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Meski 5 negara ini memiliki kekuatan militer yang besar, penting untuk diingat bahwa jumlah tentara aktif hanyalah salah satu aspek dari kekuatan pertahanan suatu negara.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024