Donald Trump Klaim Kunjungan Perdananya ke Asia Berhasil

Presiden AS, Donald Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengklaim bahwa kunjungan perdananya ke Asia pada tahun ini berhasil. Dia menyampaikan hal itu setelah harus meninggalkan Manila sebelum KTT ASEAN Plus Three atau APT berakhir dengan alasan jadwal pertemuan sempat molor.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Dilansir Reuters, kunjungan maraton Trump dicapnya berhasil, karena akan membuahkan nilai perdagangan hingga US$300 miliar bagi AS. Namun, Trump memang tidak merinci hal itu kepada para wartawan yang menyertainya di pesawat kepresidenan AS, US Air Force One.

Trump juga bangga bisa menyampaikan pidato sekaligus makan siang dengan para pemimpin negara ASEAN.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

"Saya menjelaskan bahwa AS sangat terbuka dengan perdagangan, namun kami ingin resiprokal, perdagangan yang adil bagi AS," kata Trump.

Semangat proteksi perdagangan dengan jargon "America First" diketahui memang sangat kental dalam kunjungan Trump kali ini yang dilakukan ke Korea Selatan, China, Vietnam, dan Filipina.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Sementara itu, dalam KTT ASEAN dengan Amerika dan negara observator lainnya diketahui bahwa perdana menteri Kanada sempat menyinggung soal krisis Rohingya di Myanmar. Namun, menyoal ini tampaknya tidak menjadi perhatian Trump. Terbukti dia tak menyinggung hal itu sama sekali. (art)

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022