Dramatis, Tentara Pelarian Ditembaki Rekan Sendiri

Tentara Korsel berjaga di bagian DMZ
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA – Peristiwa dramatis terjadi ketika seorang tentara Korea Utara melalui zona demiliterisasi atau DMZ. Dia berlari melintasi perbatasan sambil ditembaki oleh rekan-rekannya sendiri yakni tentara Korut, sebelum akhirnya dibawa ke tempat aman oleh tentara Korea Selatan.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Diberitakan Channel News Asia, Rabu, 22 November 2017, pembelot yang melintasi perbatasan di desa gencatan senjata di Panmunjom pada 13 November 2017 itu ditembak setidaknya empat kali. Namun, kini dia telah pulih setelah dirawat di sebuah rumah sakit di Korea Selatan.

Rekaman yang dikeluarkan oleh United Nations Command (UNC) itu memperlihatkan seorang tentara Korut mengejarnya dan melintasi garis demarkasi militer sejauh beberapa meter sebelum si penembak tampak sempat ragu dan akhirnya kembali ke zona Korut.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Di awal video terlihat kendaraan tentara pembelot itu melaju dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalan yang kosong menuju desa gencatan senjata, sebelum dia berhenti di dekat perbatasan bersenjata.

Dia kemudian keluar dari jip dan berlari, lalu dikejar oleh tentara Korut dengan senjata yang ditembakkan ke arah pembelot tersebut.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Tentara pembelot yang terluka parah kemudian ditarik ke tempat aman oleh tiga tentara Korsel yang merangkak untuk membantunya. Rekaman diakhiri dengan tentara Korea Utara yang kabur dari tempat kejadian setelah insiden itu terjadi.

Insiden tersebut adalah peristiwa yang sangat jarang terjadi, terutama terkait pasukan Korut yang membelot. Sementara Panmunjom merupakan sebuah kawasan wisata utama dan satu-satunya bagian dari perbatasan di mana pasukan dari Utara dan Selatan bisa bertatap muka secara langsung. (one)

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024