Fakta Wajib Militer Korut, Sebagian Mengerikan

Salah satu aksi parade militer Korea Utara.
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Korea Utara termasuk negara yang mengharuskan warga negaranya baik lelaki maupun perempuan untuk wajib militer. Meskipun fenomena wajib militer ini melalui pengakuan para mantan tentara perempuan, tak nyaman bahkan jadi pengalaman mengerikan bagi banyak prajurit wanita.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Fakta tentang wajib militer di Korut sebagaimana dilansir dari laman BBC antara lain:

1. Perempuan harus wajib militer 7 tahun di Korut sementara lelaki wajib militer 10 tahun. Periode wajib militer itu disebut wajib militer negara yang paling lama di seluruh dunia.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

2. Sekitar 40 persen perempuan berusia 18 hingga 25 tahun di Korut masih menggunakan seragam wajib militer. Meski belakangan disebut bahwa wajib militer dua tahun sudah jadi syarat cukup untuk bekerja.

3. Pemerintah Korut menyebutkan 15 persen anggarannya untuk keperluan militer. Namun lembaga think tank menyebut anggaran militer bahkan bisa 40 persen dari anggaran negara Korut setiap tahun.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

4. Generasi muda yang memiliki bakat kuat dalam bidang musik dan olahraga bisa mempersingkat bahkan menghindari wajib militer.

5. Banyak perempuan saat wajib militer maupun setelah masuk militer tak mengalami menstruasi karena mengalami kelelahan, malnutrisi dan stres.

6. Sebagian besar tentara yang membelot dan berusaha kabur ke Korsel adalah perempuan karena mereka mengaku tak tahan dan sebagiannya jadi korban kekerasan seksual.

Namun disebutkan bahwa pemimpin Korut Kim Jong-un kini sudah mulai perhatian dengan para tentara wanita. Produk kosmetik Korut pernah dilaporkan sengaja dikirimkan bagi tentara wanita di barak-barak. Mereka juga disebut disediakan produk pembalut gratis untuk membantu pada masa haid. Namun demikian, otoritas tak memastikan hal itu rutin dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya