Rudal Terbaru Korut Hwasong-15, Seberapa Canggih?

Kim Jong un cek rudal terbaru Hwasong-15
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA – Korea Utara merilis lusinan foto dan video peluncuran rudal Hwasong-15, rudal balistik antarbenua terbaru yang diklaim memiliki mesin roket termutakhir dengan desain yang lebih besar.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Pengamat menilai, mesin tersebut membuat Kim Jong-un semakin mendekati tujuannya, yaitu mampu mengirimkan hulu ledak nuklir dengan rudal ke sasaran mana pun di dunia sebagaimana dilansir Reuters.

Sejak peluncuran rudal balistik antarbenua Hwasong-14 pada Juli 2017, pengamat telah melihat tanda-tanda bahwa negara terisolasi tersebut telah mengembangkan sistem panduan tepat dengan mesin yang andal berkecepatan tinggi menuju target.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

"Korea Utara terus mengejar perancangan rudal dengan cara yang metodis dan pragmatis, membuat kemajuan dalam langkah-langkah lebih lanjut," kata Joseph Bermudez dari 38 North, yakni sebuah proyek pemantau Korut yang berbasis di Washington, Amerika Serikat.

Korut juga mengklaim, rudal terbaru itu mampu mencapai ketinggian sekitar 4.475 kilometer, lebih tinggi 10 kali dari ketinggian Stasiun Antariksa Internasional dan terbang sejauh 950 kilometer selama penerbangan 53 menit, lebih tinggi dan lebih lama dibandingkan rudal Korut lainnya. Hwasong-15 pada Kamis kemarin diketahui mendarat di laut dekat Jepang.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

"Hanya beberapa negara yang bisa membuat rudal seukuran ini dan Korea Utara baru saja membuatnya," kata Michael Duitsman, peneliti dari Pusat Studi Nonproliferasi.

Seorang pejabat intelijen Amerika mengatakan bahwa Hwasong-15 menunjukkan sistem propulsi bahan bakar padat yang lebih kuat, terutama pada roket tahap kedua. Sistem bahan bakar padat akan memungkinkan Korut untuk meluncurkan rudal lebih cepat dibandingkan dengan sistem yang menggunakan bahan bakar cair.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024