Tinggalkan Koalisi Iran-Hutsi, Mantan Presiden Yaman Dibunuh

Mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh
Sumber :
  • REUTERS/Khaled Abdullah

VIVA – Mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh tewas mengenaskan setelah dihabisi dalam serangan yang terjadi pada Senin, 5 Desember 2017.

Terungkap, Motif Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak di Palembang

Dilansir laman Reuters, mantan veteran itu dilaporkan dibunuh oleh kelompok Hutsi atau Houthi yang merupakan sekutu Iran. Hal itu terjadi karena Ali Abdullah Saleh disebut mengubah dukungan terkait perang sipil yang terjadi di negaranya.

Awalnya, dia ada di pihak sekutu Iran dan kelompok Hutsi namun kemudian bermanuver dan menjadi sekutu koalisi Arab Saudi. Sumber menyebutkan, militan Hutsi membenarkan bahwa anggotanya yang memberhentikan kendaraan Saleh yang dilengkapi dengan senjata saat berada di Sanaa.

Kawanan Pembunuh Mirna Bermodus Begal Ditangkap, Polisi Curiga Ada Motif Lain Pelaku

Anggota Hutsi kemudian menembak Saleh hingga tewas. Disebutkan melalui media sosial beredar foto-foto jasad Saleh yang dibungkus dengan selimut dengan rembesan darah yang terlihat di pembungkus itu.

Sementara partainya, Partai Kongres Rakyat, berduka atas kematian Saleh. Saleh ditembak hingga tewas hanya beberapa hari setelah dia memutuskan hubungan dengan Hutsi setelah tiga tahun terakhir ada bersama kelompok itu melawan Saudi.

Dilaporkan Hilang, Seorang Pria Ditemukan Tewas Dicor Dalam Rumah di Cimahi

Dalam sebuah acara televisi kemarin, juru bicara Hutsi, Abdul-Malek al-Houthi mengatakan bahwa kematian Saleh adalah bentuk kemenangan sekaligus simbol menolak campur tangan Saudi di negara itu.

Dia mengatakan, Hutsi akan mengelola sistem republik di Yaman dan tak akan membalas dendam lagi pada Partai Kongres Rakyat yang sempat dipimpin Saleh. (ase)

Pers rilis ungkap kasus pembunuhan ibu dan anak yang terjadi di Jalan Macan Lindungan, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan IB I Palembang.

Kronologi Pembunuhan Ibu dan Anak di Palembang, Korban Dieksekusi dengan Blencong

Tim gabungan Ditreskrimum Polda Sumatera Selatan, Satreskrim Polrestabes Palembang, berserta Polsek jajaran, berhasil meringkus pelaku pembunuh ibu dan anak di Palembang.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024