Lima Politikus Perempuan yang sedang Jadi Buah Bibir Dunia

Federica Mogherini (kiri) dan PM Israel Benyamin Netanyahu
Sumber :
  • REUTERS/Francois Lenoir

VIVA – Politikus perempuan tak kalah kiprahnya baik dalam peran di jabatan dalam negeri maupun peran dalam hubungan luar negeri. Dalam beberapa bulan terakhir, tersebut sejumlah nama politikus perempuan dari berbagai negara yang kerap disorot oleh media-media internasional.

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

Kiprah mereka khususnya terkait politik dan hubungan internasional serta posisi krusial jabatan menunjukkan para perempuan tersebut memang orang yang tak bisa diabaikan. Meski mereka juga sebagian mereka disorot karena hal-hal yang tak secara langsung menyangkut jabatan namun isu di luar jabatannya yang  lantas menjadi pembicaraan publik.

Lima politikus perempuan yang menjadi buah bibir beberapa bulan terakhir pada 2017 yaitu:

Kekejaman Junta Militer Myanmar, Aung San Suu Kyi Tak Dikasih Makan dan Ditelantarkan Saat Sakit

1. PM Inggris Theresa May

Sosok Theresa May belakangan menjadi buah bibir terkait posisi tawar dan perundingan mengenai posisi Brexit. Tak hanya itu, PM May juga diberitakan sempat akan menjadi target pembunuhan sebagaimana dilansir Telegraph beberapa saat lalu. Sikap May yang mengkritik Trump yang ceroboh membagikan video bernuasa antimuslim juga sempat ramai di Twitter beberapa waktu lalu.

Aung San Suu Kyi Sakit, Junta Myanmar Tolak Permintaan Dokter dari Luar

2. Dubes Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley

Sepanjang tahun ini, nama Nikki Haley termasuk figur yang sering disebut dan dikutip media. Hal tersebut sebagian besar dalam kaitan dengan Korea Utara dan sanksi PBB atas Korut. Disebutkan bahwa kelihaian Nikki Haley dalam tugasnya adalah salah satu faktor PBB menjatuhkan sanksi ke Korut hingga dua kali dan membuat negara Kim Jong-un itu menjadi geram.

3. Ketua Komite Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini 

Nama Mogherini memang belum lama ini menjadi sorotan. Namun panasnya isu yang terkait dengan sikap Uni Eropa atas Yerusalem membuat perempuan itu juga menjadi perhatian. Bertemu dengan PM Israel Benyamin Netanyahu di Brussels, Federica Mogherini sebagaimana dilansir Reuters memastikan bahwa Uni Eropa tak akan mengikuti langkah AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

4. Aung San Suu Kyi

Pemimpin Myanmar atau State Counsellor Aung San Suu Kyi memang bukan orang baru di kalangan politik internasional dan isu dunia global. Namun Suu Kyi menjadi sorotan penting pada tahun ini terkait pembantaian dan pengusiran Rohingya dari negaranya. Diberitakan miring dan sosoknya banjir kritik, Suu Kyi menjadi politikus perempuan yang banyak diperbincangkan sepanjang tahun 2017.

5. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern

Jacinda Ardern menjadi PM Selandia Baru dan tergolong masih berusia muda yakni 37 tahun. Terpilihnya Ardern sebagai PM ke-40 sempat menjadi sorotan dengan harapan kiprahnya akan membawa perubahan soal perlakuan setara dalam produk kebijakan. Meski sebenarnya, isu ramai tentang Ardern yang sempat beredar belum soal kinerjanya namun kabar dia disangka Trump sebagai istri PM Kanada Justin Trudeau belum lama ini saat mereka bertemu dalam sebuah forum internasional.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya