Palestina Ada di Jantung Politik Luar Negeri Indonesia

KTT Luar Biasa atau Sidang Khusus OKI bahas klaim AS soal Yerusalem
Sumber :
  • REUTERS/Osman Orsal

VIVA – Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa dukungan pemerintah Indonesia terhadap perjuangan Palestina tidak akan pernah surut. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi dalam pidato Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) di Istanbul, Turki.

4 Negara Eropa Ini Bersumpah Siap Akui Palestina sebagai Negara Merdeka, Ini Alasannya

"Indonesia selalu menyertai Palestina dalam perjuangannya. Dukungan itu bukan hanya dalam bentuk politik, namun juga dalam peningkatan kapasitas dan dukungan kepada perekonomian Palestina," ujar Jokowi, sebagaimana keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Rabu, 13 Desember 2017.

Sementara itu dari sisi kebijakan luar negeri, Jokowi menegaskan bahwa posisi Palestina sangat erat bahkan berada di jantung politik luar negeri Indonesia.

Menlu Arab Saudi Tegaskan Tak Ada Normalisasi Hubungan dengan Israel Tanpa Kemerdekaan Palestina

“Dalam setiap napas diplomasi Indonesia, di situ terdapat keberpihakan terhadap Palestina,” ujar Presiden.

Dalam KTT Luar Biasa OKI kali ini, Presiden Jokowi menyampaikan pesan terkait sikap Indonesia yang mengecam pengakuan Amerika Serikat atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

PM Israel Benjamin Netanyahu Kembali Tolak Permintaan Genjatan Senjata

Selain itu, di sela-sela KTT, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid alias HNW saat aksi doa untuk Gaza Palestina.

Aksi Doa untuk Gaza, HNW: Israel Pernah Kalahkan 3 Negara tapi Tak Bisa Kalahkan Pejuang Palestina

Menurut Hidayat Nur Wahid dan HNW, Israel pernah dengan mudah mengalahkan tiga negara dalam waktu 6 hari. Tiga negara yaitu Mesir, Suriah, dan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024