Laporan dari Thailand

Kerjasama Asean Plus Three Diteken

VIVAnews - Sejumlah pemimpin negara Asean, Jepang, China dan Korea Selatan berhasil mencapai kesepakatan. Sekitar pukul 14.30 siang ini, Minggu 25 Oktober 2009,  para menteri sejumlah negara itu menandatangani kesepakatan kerjasama di Hotel Dhusit, Hua Hin, Thailand. 

Kerjasama Asean dengan tiga negara itu lazim disebut Asean plus Three.  Kerjasama  meliputi sejumlah bidang antara lain bidang ekonomi, politik, dan hak asasi manusia.

Karena  kerjasamanya dalam banyak bidang, maka kerjasama ini ditandatangani oleh para menteri terkait. Seperti Menteri Luar Negeri masing-masing negara, menteri perdagangan dan disaksikan oleh pemimpin masing-masing negara.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terlihat duduk di belakang Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, dan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menandatangani kesepakatan ini.

Asean plus three sebelumnya sudah sepakat  mengumpulkan uang guna membiayai proses pembangunan di masing-masing negara. Kesepakatan itu lazim disebut  Inisiatif Chiang Mai. Inisiatif  itu bermula dari krisis ekonomi yang menghempas ekonomi Asia tahun 1998.

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA
Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus bersama Koalisi Indonesia Maju

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Sekretaris Jenderal Partai Golkar menyebut para ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) tingkat I meminta Airlangga Hartarto dipilih secara aklamasi di Munas pada Desember.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024