Kronologi Tenggelamnya Kapal Cepat Kodam Jaya di Kep Seribu

Peluncuran Kapal Motor Cepat Komando
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Kapal Cepat Komando KMC AD-16-05 milik Kodam Jaya tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, Senin 12 Maret 2018. Kapal yang mengangkut 60 orang penumpang itu dalam perjalanan menuju Pulau Pramuka untuk kegiatan bakti sosial.

Warga Diminta Lapor jika Temukan Amunisi dari Gudmurah Kodam Jaya, Kadispenad: Jangan Diotak-atik

Kepala Penerangan Kodam Jaya, Letkol Kristomei Sianturi mengatakan, kapal berangkat menuju Pulau Pramuka Kepulauan Seribu sekitar pukul 07.10 WIB. Setelah berada di tengah laut, kapal tersebut tiba-tiba mengalami kerusakan. Mesin kapal mati total.

Kemudian, pukul 10.15 WIB kapal KMC AD-04-15 merapat ke kapal KMC AD-16-05, untuk melakukan evakuasi atau penyelamatan penumpang agar pindah ke kapal lain.

Panglima TNI Pastikan Tak Akan Relokasi Gudmurah Kodam Jaya yang Meledak

"Pukul 11.10 WIB kapal KMC AD-16-05 tenggelam dan 60 orang dapat dievakusi," kata Kristomei dalam keterangan diterima VIVA di Jakarta.

Sekira pukul 11.45 WIB, tim kapal dari Rumah Sakit Umum Daerah Kepulauan Seribu, yang dipimpin Danramil Pulau Seribu, Mayor Inf Syaprudin tiba di lokasi kejadian, dan membantu evakuasi penumpang ke kapal lain. "Semuanya dilaporkan aman dan selamat," tegasnya lagi.

Pasca Gudmurah Kodam Jaya Meledak, TNI Akan Periksa Seluruh Gudang Munisi

Sebelumnya diberitakan, satu unit kapal diduga milik Kodam Jaya mengalami insiden di perairan Kepulauan Seribu. Kapal KMC AD 16 05 itu tenggelam sekira pukul 11.00 WIB Senin 12 Maret 2018 pagi.

Kapal yang membawa personel TNI AD itu berjumlah 60 orang itu seluruhnya selamat dan berhasil dievakuasi ke kapal lainnya.

Sosok mayat wanita dengan kondisi wajah hancur ditemukan mengambang di Dermaga Ujung Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan, Senin 15 April 2024.

Lagi Snorkeling, Warga Temukan Mayat Wanita dengan Wajah Hancur

Sosok mayat wanita dengan kondisi wajah hancur ditemukan mengambang di Dermaga Ujung Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan. Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Jarot Sungkowo

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024