Anggaran Darurat Banjir Rp 10 Miliar

VIVAnews - Tersumbatnya saluran mikro di Jakarta diduga menjadi pemicu timbulnya titik genangan baru di Jakarta. Hal ini berdampak langsung pada kemacetan jalan.

Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta mengaku membutuhkan anggaran darurat untuk menanggulangi masalah perbaikan saluran mikro seperti selokan dan parit yang mengalir ke kali di Jakarta, yang tujuannya untuk menanggulangi banjir.

Untuk menanggulangi banjir musiman di Jakarta, dibutuhkan anggaran darurat yang jumlahnya mencapai Rp 10 miliar.

“Anggarannnya harus ditambah menjadi Rp 10 miliar,” kata Kepala Bidang Pemeliharaan Sumber Daya Air, Dinas PU DKI Jakarta, Tarjuki, usai melakukan paparan masalah banjir di Komisi D DPRD, Senin 16 Novemner 2009.

Sebelumnya Dinas PU memiliki angaran darurat banjir sebesar Rp 6 miliar. Tarjuki mengaku pada pengajuan anggaran tambahan dalam APBD Perubahan (APBDP) 2009 pihaknya telah mengajukan anggaran darurat sebesar Rp 2 miliar, namun dicoret.

Untuk itu Tarjuki meminta agar pada tahun 2010 mendatang anggaran darurat dinas Pu ditambah menjadi Rp 10 miliar.

“Dengan adanya dana itu kita bisa langsung turun ke jalan kalau ada masalah seperti pada Kamis dan Jumat pekan lalu,” kata Tarjuki.

Selain membutuhkan anggaran darurat, Dinas PU dalam waktu dekat juga akan membuat pintu air baru yang rencananya akan dibangun di dua titik, yakni di kawasan Jalan Batu dan Jalan Pejambon.

Dua pintu air ini menurutnya bisa mengatasi masalah banjir di kawasan Medan merdeka Timur. “Pada pekan ini akan kita bangun di dua titik itu,” ujarnya.

Saat ini untuk mengatasi banjir jangka pendek jajaran dinas PU pun tengah melakukan pengecekan dan pemetaan beberapa saluran mikro yang menjadi penyebab terjadinya genangan baru di beberapa titik di Jakarta.

Pihaknya juga berencana menambah anggaran penambahan pompa  mobile penyedot air sebesar Rp 40 miliar dalam APBD 2010.

“Saat ini pompa mobile yang ada 83 unit dan telah disebar dan sebenarnya masih dibutuhkan pompa mobile sebanyak 170 unit lagi,” katanya.

KPU Kabupaten Tangerang Buka Rekrutmen PPK dan PPS Pilkada 2024: Tersedia 967 Kuota
Berburu diskon tiket pesawat internasional [dok. Dwidayatour Carnival 2024]

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Bagi para traveler yang ingin mencari paket promo perjalanan menarik ke sejumlah destinasi wisata internasional jangan ketinggalan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024