Keseruan Mencoba LRT Jakarta Velodrome-Kelapa Gading

LRT Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Light Rapid Transit (LRT) Jakarta rute Rawamangun-Kelapa Gading sedang melakukan tahap uji coba, hari ini Rabu 29 Agustus 2018. LRT rute Velodrome-Kelapa Gading  akan mulai beroperasi pada Desember 2018.

Operasional MRT dan LRT Jakarta Diperpanjang Saat Malam Tahun Baru 2024, Ini Jadwalnya

VIVA turut merasakan perjalanan uji coba LRT Jakarta ini. Kereta LRT diberangkatkan mulai dari stasiun Velodrome menuju stasiun Kelapa Gading Mall. 

Pantauan di lokasi, LRT memiliki memiliki empat gerbong. Pada awal perjalanan, LRT berangkat menggunakan kecepatan 15 kilometer per jam, namun lama kelamaan kereta berjalan semakin cepat dengan kecepatan 80 km per jam. 

Menhub Optimis LRT Jakarta Velodrome Rawamangun-Manggarai Beroperasi 2026

Selain itu, saat perjalanan menuju stasiun Kelapa Gading Mall, getaran kereta terasa begitu halus tidak ada guncangan, seperti menaiki kereta api atau commuter line. Namun sayangnya, saat menempuh jalan berbelok kereta LRT terasa ada getaran. 

Menurut Masinis LRT, Sadiyah Utami, getaran tersebut terjadi karena ada jarak yang dekat antara rel kanan dan kiri.

LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai Digarap Pakai APBD DKI Rp 5,5 Triliun

"Jadi terasa getaran seperti ini karena jarak yang dekat antara kedua rel, makanya kereta berjalan pelan," ucap Sadiyah Utami di Stasiun Kelapa Gading Mall, Jakarta Utara, Rabu, 29 Agustus 2018.

LRT Jakarta

Selain itu, menilik dari fasilitas di dalam gerbong kereta LRT. Setiap gerbongnya terdapat bangku dengan bahan fiber. Terdapat bangku prioritas di setiap pojok gerbong, pegangan tangan untuk penumpang berdiri, CCTV, pengumuman tata cara evakuasi dari dalam kereta, dan layar pengumuman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya