Polisi Kantongi Identitas ML, Pemasok Kokain ke Richard Muljadi

Pemeriksaan darah dan rambut Richard Muljadi (kiri)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Richard Muljadi akhirnya membeberkan identitas ML yang berperan memberikannya kokain terhadap dirinya. Fakta tersebut terungkap, setelah pengaruh kokain hilang darinya. 

Richard Muljadi Kosongkan 1 Pesawat ke Bali karena Takut Kena COVID-19

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Suwondo Nainggolan mengungkapkan, sebelumnya Richard terus bicara berubah-ubah ketika dimintai keterangannya oleh polisi soal identitas ML.

"Kami sudah tahu nama lengkapnya ML itu. Dari yang berubah-ubah (keterangannya Richard), setelah dia beberapa hari mungkin sudah pengaruh daripada kokainnya sudah hilang. Akhirnya, sudah diperiksa lagi dan sudah ada nama yang diberikan," kata dia di Markas Polda Metro Jaya, Rabu 29 Agustus 2018.

Viral Foto Prajurit TNI Jadi Bodyguard Richard Muljadi

Namun, saat ditanya berapa lama pengaruh kokain pada Richard, Sehingga akhirnya baru mau bicara soal ML, Suwondo tak merinci. Dia hanya mengatakan, kalau Richard lebih jelas merinci sosok ML usai pengaruh kokain hilang.

"Pokoknya, setelah beberapa hari menjelaskannya bisa lebih (baik)," ujarnya.

Kawal Richard Muljadi Jogging di Bali, Polisi Cuma Disanksi Teguran

Walau sudah tahu identitasnya, sayangnya identitas ML belum bisa dibeberkan agar ML tak kabur. Namun, terkait keberadaan ML sendiri hingga kini masih ditelusuri.

Terkait apa peran ML sebenarnya, apakah hanya seorang kurir atau ternyata bandar, Suwondo mengatakan bahwa pihaknya akan mendalaminya usai menciduknya.

"Nanti dari ML kan yang ada data kan dia. Kalau tidak ada data kita mau mengejar siapa?," ucap dia menyudahi.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan Richard sebagai tersangka dan menahannya atas kasus kepemilikan kokain seberat 0,038 gram. Richard pun telah dinyatakan positif sebagai pengguna kokain melalui pemeriksaan urine.

Richard diringkus usai mengonsumsi kokain di dalam toilet restoran Vong Kitchen, Rabu. Richard dibekuk oleh perwira polisi bernama Kombes Herry Heryawan yang kebetulan hendak memakai kamar toilet restoran untuk buang air.

Dari penangkapan itu, satu unit Iphone X warna hitam dan satu lembar uang pecahan 5 dolar Australia turut disita, lantaran dianggap sebagai medium saat Richard mengonsumsi kokain tersebut.

Polisi juga masih mendalami pelaku berinisial ML yang diduga berperan memberikan kokain kepada Richard.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya