RSCM Tangani 120 Kasus Tumor Otak

VIVAnews - Dalam lima tahun terakhir, Departemen Bedah Syaraf dan Departemen Radio Terapi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menangani 120 kasus tumor otak (glioma) primer per tahun. Sebagian besar kasus merupakan tumor yang paling agresif.

Dokter Spesialis Bedah Syaraf RSCM, Renindra Ananda Aman, mengatakan, sekitar 50-70 persen dari penyakit tumor susunan syaraf pusat merupakan tumor otak. Hingga saat ini, prognosisi glioma adalah kurang baik, walaupun dengan pemberian berbagai jenis multi modalitas terapi mutakhir, baik pembedahan maupun radio terapi.

"Misalnya di Amerika Serikat, kematian karena tumor otak primer ini mencapai 13 ribu dari 17 ribu kasus baru setiap tahunnya," kata dia di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Sabtu, 22 November 2008.

Menurut dia, gejala klinis yang timbul dari penderita tumor otak antara lain peningkatan tekanan intra kranial (dalam rongga kepala), yaitu, sakit kepala yang berulang, mual, dan muntah. Kedua, perubahan dalam proses bicara, gangguan penglihatan dan pendengaran, serta perubahan perilaku.

"Tumor otak juga dapat memperlihatkan gejala seperti kejang-kejang dan gangguan keseimbangan," ujar dia.

Dia menambahkan, glioma dapat dibagi berdasarkan derajat keganasan, sesuai klasifikasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Derajat I-II merupakan derajat keganasan rendah, sedangkan III-IV merupakan derajat keganasan tinggi.

Mean Survival Time (MST) glioma derajat I-II adalah 5-10 tahun. Derajat III adalah 2-3 tahun, sedangkan derajat IV (12 bulan).

Renindra menjelaskan, operasi bedah syaraf dan terapi radiasi masih merupakan terapi pilihan bagi penderita penyakit ini. Tujuannya sebagai tindakan diagnostik sekaligus mengurangi penekanan tumor terhadap jaringan otak normal.

Terapi radiasi ini bertujuan untuk membantu mengurangi sisa tumor setelah operasi, yaitu untuk mematikan sel tumor, terutama melalui mekanisme apoptosis. Berbagai mekanisme biologik sel juga berperan dalam mekanisme kerja radiasi, baik angio genesis, proliferasi, apoptosis, dan mekanisme preparasi sel.

"Di RSCM telah ditingkatkan fasilitasnya dengan dibangun stereotactic center dengan kelengkapannya. Fasilitas ini merupakan yang pertama di Indonesia," ujar dia.

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
bantuan untuk warga Gaza

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Meski tengah berduka, Rusia mengatakan pihaknya tetap mengirimkan lebih dari 29 ton bantuan kemanusiaan ke pada warga Palestina di Jalur Gaza yang tengah dilanda perang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024