BMKG Ramalkan Malam Tahun Baru Hujan

VIVAnews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meramalkan pada malam pergantian tahun, Kamis 31 Desember 2009, nanti terjadi hujan disertai petir. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi mengguyur wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Kasubdit Informasi dan Meteorologi BMKG Harry Tirto Djatmiko mengatakan perkiraan hujan berpotensi terjadi pada sore dan malam hari, tepatnya pada malam tahun baru.

“Kemungkinan terbesar cuaca seperti itu akan terjadi di seluruh wilayah Selatan dan Timur Jabodetabek. Maka kami imbau warga untuk waspada,” kata Harry dikutip dari situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Selasa 29 Desember 2009.

Untuk wilayah bagian selatan, potensi hujan besar terjadi di Jakarta Selatan, Bogor, dan Depok. Sedangkan di bagian timur terjadi di Jakarta Timur dan Bekasi. Selain itu kondisi yang sama juga terjadi di wilayah bagian barat seperti di Jakarta Barat dan Tangerang.

“Secara keseluruhan hujan berpotensi terjadi di seluruh wilayah,” ujar Harry.

Diprediksi, hujan deras terus disertai angin kencang lantaran frekuensi fenomena alam itu telah berkurang.

BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca yang akan terjadi pada 25–28 Desember 2009. Yaitu terkait aktivitas badai tropis Laurence di daratan Australia bagian Barat dan daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera.

Badai ini memberi pengaruh terhadap aktivitas pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia sebelah barat dan selatan khatulistiwa.

Harry juga meminta agar masyarakat memperhatikan adanya aktivitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari. Hal ini merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal dimana hal itu akan memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat disertai angin kencang dan petir dalam waktu tidak terlalu lama.

Secara umum, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah Pesisir Timur Sumatera bagian Utara, Pesisir Barat Sumatera, Sumatera bagian Utara, Tengah dan Selatan, Kalimantan bagian Barat, Tengah dan Selatan. Selain itu kawasan Jabodetabek dan Sebagian besar Pulau Jawa.

Kemudian Sulawesi bagian Utara, Tengah dan Selatan, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku bagian Utara dan Tenggara, serta Papua bagian Tengah dan Selatan.

“Makanya hujan lebat terus terjadi hingga hari ini,” katanya.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda
Meiska

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Lagu Badut menggambarkan kisah seseorang yang terjebak dalam hubungan yang tidak sehat dan merugikan dirinya sendiri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024