Polisi Uji Coba Rekayasa Baru Jalur Puncak

Kemacetan di jalur Puncak, Bogor
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Setiap akhir pekan, banyak warga DKI Jakarta yang menghabiskan waktu pelesir ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Udara yang sejuk ditambah banyaknya jajanan, membuat kaum urban betah menghabiskan waktu di sana.

Hindari Jalur Puncak, Ada Pemberlakuan Oneway Lebih Lama 2 Kali Sehari dan Titik Gage Ditambah

Untuk bisa mencapai kawasan tersebut, dibutuhkan waktu kurang lebih 90 menit. Namun, realitanya bisa lebih dari tiga jam, karena padatnya lalu lintas kendaraan.

Untuk memperlancar arus, Polres Bogor setiap akhir pekan memberlakukan sistem buka tutup. Meski tidak sepenuhnya efektif, namun cara ini cukup membantu mengurangi tingkat kemacetan yang ada.

Viral Kemacetan Parah di Puncak Bogor, Netizen Cuma Bisa Melongo

Kini, Polres Bogor sedang menguji coba sistem baru, yakni 2-1. Dilansir dari akun Instagram resmi mereka, Sabtu 7 Desember 2019, sistem tersebut terdiri dari tiga jalur.

Uji coba dimulai hari ini, dengan membuka semua lajur ke arah Puncak dari pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. Kemudian, polisi akan membagi jalur yang ada menjadi tiga, satu untuk ke arah Puncak dan dua lajur untuk mereka yang hendak ke arah Gadog.

Long Weekend di Puncak Bogor, Polisi Imbau Warga Waspada Kabut Tebal Saat Berkendara

Pada pukul 16.00 WIB, uji coba akan dihentikan dan lalu lintas dikembalikan seperti sedia kala.

“Meski jam operasional sistem 2-1 telah ditetapkan, namun jika kondisi di lapangan memerlukan tindakan insidental maka dapat diberlakukan diskresi kepolisian,” tulis pengelola akun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya