Warga Jakarta Diminta Waspada, Sore Ini Diperkirakan Hujan Deras

Ilustrasi hujan guyur Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Hujan deras sejak Minggu siang hingga sore hari ini, 16 Februari 2020, membuat ketinggian permukaan air di beberapa bendungan terus meningkat, termasuk yang terpantau di Pos Pantau Sunter Hulu, di mana mengalami kenaikan setinggi 150 sentimeter atau berstatus waspada.

Sungai Meluap dan Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Semarang Kebanjiran

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta menginformasikan bahwa pada pukul 15.00 WIB ketinggian permukaan air di Pos Pantau Sunter Hulu sudah 150 cm atau siaga 3,” demikian bunyi pengumuman dari BPBD DKI Jakarta.

BPBD DKI Jakarta juga mengimbau agar warga tidak mendekat dengan bantaran sungai dan waspasa bahaya banjir. “Diimbau kepada warga sekitar dan bantaran sungai agar waspada dan hati-hati terhadap bahaya banjir,” tutur BPBD DKI Jakarta.

Ratusan KK di Bekasi Dikepung Banjir Setinggi 3 Meter

Mereka juga mengemukakan bahwa, selain siaga 3 di Sunter Hulu, bendungan lainnya dalam status normal atau siaga 4. Bendungan yang dimaksud antara lain Katulampa, Depok, Manggarai, Karet, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Angke Hulu, Waduk Pluit, Pasar Ikan Cipinang Hulu, dan Pulogadung.

"Itu kita pantau status tinggi muka air pukul 15.00 WIB," paparnya. BPBD DKI Jakarta juga mengingatkan bahwa durasi antara pukul 16.05 hingga 19.00 WIB masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga deras disertai kilat/petir dan angin kencang. "Itu peringatan untuk lima wilayah di Jakarta, tidak termasuk Kepulauan Seribu," jelas BPBD DKI Jakarta.

Hujan Deras Landa Kota Malang, 6 Pohon Tumbang Satu Menimpa Mobil

Banjir melanda Kota Lismore setelah hujan lebat melanda bagian timur laut New South Wales, Australia, Senin (28/2/2022).

Puluhan Ribu Warga Australia Dievakuasi Saat Hujan Deras Guyur Sydney

Sebelas orang tewas sejak cuaca ekstrem itu tiba akhir pekan lalu menyebabkan pusat-pusat kota terendam air.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022