Hujan Tutupi Gerhana Matahari di Jakarta

VIVAnews - Langit Jakarta pada pagi hari ini diprediksi ditutup awan mendung dan akan terjadi hujan ringan. Sementara hujan sedang akan terjadi pada sore hingga malam hari, Jumat 15 Januari 2010.

Hal ini tentutnya akan menutupi penglihatan terjadinya fenomena alam berupa gerhana matahari cincin bagi warga Jakarta yang akan berlangsung antara pukul 14.33 hingga pukul 16.00 WIB.

Proses gerhana dimulai dengan masuknya bayang-bayang Bulan di permukaan Bumi. Seperti dimuat laman Space.com, gerhana yang akan terjadi berdurasi 11 menit 8 detik. Menurut ilmuwan NASA, ini durasi yang sangat lama, terlama sepanjang milenium. Durasi ini tak akan terulang lagi hingga 3043.

Warga Jakarta yang tetap ingin melihat peristiwa gerhana matahari cincin ini dapat mengunjungi Pusat Peragaan Iptek Taman Mini Indonesia Indah.

Di TMII akan digelar pengamatan gerhana matahari bersama mulai pukul 13.15 sampai 16.15 WIB. " Tiga teleskop yakni CPC 800, Firscope 114”, dan Solarmax Coronado, disiapkan untuk pengamatan gerhana matahari," kata Humas TMII dalam email yang diterima VIVAnews, Kamis 14  Januari 2010.

Sebelum pengamatan, peserta akan dibekali materi tentang Astronomi, Matahari, dan Gerhana Matahari, serta workshop pembuatan solar view yang akan dipergunakan dalam pengamatan

Sementara itu ini prakiraan cuaca yang akan terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya hari ini.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu
WilayahPagiSiangMalam
Jakarta PusatBerawanHujan RinganHujan Ringan
Jakarta UtaraHujan RinganHujan SedangHujan Ringan
Jakarta SelatanHujan RinganHujan SedangBerawan
Jakarta TimurHujan RinganHujan SedangHujan Ringan
Jakarta BaratHujan RinganHujan SedangBerawan
Jakarta Kep.SeribuHujan SedangHujan SedangHujan Sedang
BogorHujan RinganHujan SedangHujan Ringan
TangerangHujan RinganHujan SedangBerawan
BekasiHujan RinganHujan SedangHujan Ringan
DepokHujan RinganHujan RinganBerawan
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024