Lebaran Dilarang Besuk Tahanan Langsung, Harus via Zoom Meeting

Ilustrasi salaman lebaran (Foto/Pixabay)
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya tetap menghentikan layanan pembesukan tahanan yang ada di dalam rumah tahanan (rutan) mereka selama Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kebijakan ini diketahui dilakukan sejak bulan Maret 2020 lalu karena wabah virus Corona COVID-19. Barnabas menyebut tidak diperbolehkannya kunjungan bagi para tahanan di Hari Raya Idul Fitri tahun ini tak lain karena pandemi Corona masih terjadi.

"Untuk hari raya Lebaran sementara tidak ada kunjungan di rutan Polda Metro Jaya. Betul (karena masih pandemi COVID-19)," ucap Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Barnabas S Imam saat dikonfirmasi, Minggu 24 Mei 2020.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Bukan hanya di Polda Metro,  hal ini juga dilakukan oleh polda-polda lain. Polda Banten misalnya, mereka juga tidak memperbolehkan tahanan dijenguk langsung oleh keluarganya. Meski begitu, mereka memberikan fasilitas internet agar pembesuk tetap bisa berjumpa dengan tahanan. Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Banten, Ajun Komisaris Besar Polisi Agus Rasyid menambahkan, penerapan besuk menggunakan layanan internet itu sudah berlangsung cukup lama.

Hal itu bertujuan agar para tahanan tidak ada kontak langsung dengan orang lain agar terhindar dari penyebaran virus Corona. Polda Banten memberikan fasilitas internet di area Dit Tahti. Polisi memberikan fasilitas layar monitor yang dapat digunakan untuk dua orang dari keluarga tahanan itu.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

"Dalam rangka mendukung aturan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 maka pelayanan besuk tahanan menggunakan Zoom Meeting. Sudah satu bulan yang lalu kita gunakan fasilitas Zoom Meeting sehingga tidak terjadi kontak antara keluarga dengan tahanan yang dibesuk," kata Agus.

Baca juga: I Wayan Rika hampir di Ujung Nyawa, Sekarat Ditebas Dituduh Nyantet

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024