Foke Gagas Relokasi Depo Plumpang ke Marunda

VIVAnews – Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menggagas pemindahan Depo Minyak Pertamina Plumpang ke daerah Marunda, Jakarta Utara.

“Depo seharusnya berada di tempat yang jauh dari pemukiman,” kata Fauzi usai menerima PT Jakarta Tank Terminal di Balaikota DKI Jakarta, Rabu 17 Februari 2010.

Bila usulan relokasi disetujui, berarti depo yang menjadi sentral suplai bahan bakar untuk Jabodetabek itu nanti berada di dekat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang juga sedang digagas pembangunannya oleh Pemprov DKI.

Lebih lanjut Fauzi menjelaskan depo yang baru nanti haruslah memperhatikan aspek keselamatan dan dampak terhadap lingkungan.

“Jangan sampai kejadian kebakaran di Depo Minyak Plumpang terjadi lagi,” kata dia.

Depo Plumpang pernah terbakar di pertengahan 2009. Kasus ini sempat membikin warga yang tinggal di sekitar komplek depo panik.

Kebakaran itu terjadi akibat tekanan tinggi dari dalam tangki yang tidak mampu diantisipasi oleh sistem pengamanan tangki. Kemudian, kasus ini memakan korban jiwa seorang petugas satuan pengamanan depo.

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyoroti persoalan banjir di Jakarta. Padahal, Jakarta punya anggaran untuk mengatasi banjir.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024