Menristek: Tak Ada Radiasi di Duren Sawit

Lokasi ledakan di Duren Sawit, Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Alam Mahaputra

VIVAnews - Menteri Riset dan Teknologi Suharna Surapranata masih menunggu hasil laporan tim yang mendatangi lokasiĀ  meteorit atau asteroid yang diduga jatuh di Duren Sawit, Jakarta Timur. Suharna memastikan tidak ada radiasi yang ditimbulkan.

"Tidak berbahaya, tidak ada penambahan radiasi di lingkungan," kata Suharna Surapranata di sela rapat dengan Wakil Presiden Boediono di Istana Wapres, Jakarta, Jumat 30 April 2010.

Saat ini, tim dari dua instansi juga sudah dikerahkan menuju lokasi jatuhnya benda angkasa itu. Dua lembaga itu yakni Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan).

"Bapeten untuk mencari tahu apakah ada radiasi atau tidak. Lapan, untuk menyelidiki apa ini meteor atau satelit yang jatuh," ujar menteri dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Kendati demikian, Suharna belum mendapat laporan akhir benda yang jatuh dan merusakkan empat rumah penduduk itu. Dia juga belum melihat langsung lokasi kejadian.

"Nanti setelah ada hasilnya, kami juga akan laporkan ke Presiden. Ini sedang dalam penelitian pihak terkait," kata dia.

Saat ini, tim dari Lapan masih berada di lokasi kejadian. Lapan memastikan benda yang jatuh itu bukan buatan manusia, kemungkinan meteorit atau sisa tumbukan asteroid. (umi)

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024