Meteor Duren Sawit Sebesar Buah Kelapa

Lokasi ledakan di Duren Sawit, Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Dugaan meteor jatuh di Duren Sawit, Jakarta Timur, terus menguat. Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) mengidentifikasi meteor itu berdiameter sekitar 30x30 centimeter.

"Ukurannya seperti buah kelapa. Karena itu dilihat dari lubang pantulan di tembok sekitar 30x30 cm," kata Profesor Astronomi dari Lapan, Thomas Djamaluddin, di lokasi kejadian, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat 30 April 2010.

Menurut dia, dari sifat-sifat yang ditemui di lokasi kejadian dugaan kuat sementara itu adalah meteor. Tetapi, di bagian dasar rumah belum juga ditemukan bongkahan batu meteor yang dimaksud.

"Saya duga meteornya masih ada di plafon rumah di belakang ini," kata peneliti yang akrab disapa Djamaluddin ini. "Ini jenis meteor sporadis".

Meteor sporadis atau yang terjadi secara acak itu memang tidak pernah diprediksi sebelumnya. Tapi Djamaluddin membantah keterangan sebelumnya bahwa meteor ini mirip dengan yang jatuh di Bone.

"Meteor di Bone tidak seperti ini. Yang di Bone jauh lebih besar," katanya lagi. Yang pasti dia menyebutkan, kejadian ini pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Pada 2003 di Pontianak tapi di lahan kosong. Tahun 2007, di Gianyar, Bali jatuh di sawah," kata dia. "Peristiwa menimpa rumah baru pertama kali terjadi," tambahnya. (umi)

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23
Prabowo-Gibran pantau quick count di Istora Senayan, Jakarta,  Rabu (14/02/24)

KPU Sebut Tak Ada Lagi Lembaga Peradilan Bisa Batalkan Kemenangan Prabowo

KPU akan menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024