Saksi: Ketua Forkabi Dibacok, Warga Ngungsi

Kerusuhan di Cengkareng, puluhan rumah dan mobil dibakar
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Pembakaran kios atau lapak penjual kayu bangunan di Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat berlangsung cepat dan spontan. Menurut warga, tiba-tiba datang ratusan orang mengendarai motor dan berkerumun. Sekitar satu jam berlangsung, lebih dari 35 lapak ludes terbakar.

"Sekitar jam 10 malam, massa tiba-tiba berkerumun di depan warung nasi saya," kata Iyan (34) di lokasi kejadian, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin 31 Mei 2010. Pusat lokasi kejadian hanya berjarak 50 meter dari warung Iyan.

Melihat gelagat buruk akan terjadi kerusuhan, ia pun segera menutup warung nasi miliknya. Padahal dia biasa membuka warung hingga pukul 12 malam.

"Tapi semalam warteg saya buru-buru tutup dan berdiam di dalam rumah. Takut jadi sasaran," ujarnya. Semalaman, ia tidak keluar dari warung yang sekaligus tempat tinggalnya itu.

"Tidak lama setelah tutup, saya dengar suara orang ribut dan suara bangunan terbakar, tapi saya tidak berani keluar. Kejadiannya sangat cepat," ujar Iyan. Paginya setelah kerusuhan reda, ia baru keluar dan melihat areal kios sudah rata dengan tanah karena terbakar.

Sedangkan seorang tukang ojek, Pendi mengatakan saat aksi pembakaran, dirinya berada di lokasi kejadian. Namun karena massa yang cukup banyak, ia pun tidak berani melerai.

Menurut Pendi, dalam aksi pembakaran ini, areal kios telah kosong dari warga sehingga tidak ada perlawanan dari pemilik kios. "Kejadiannya (aksi pembakaran) hanya sekitar satu jam. Kemudian massa meninggalkan lokasi yang telah terbakar parah," ujar Pendi.

Sementara itu, Ketua RW 2, Duri Kosambi, Sinto, mengatakan usai terjadi peristiwa pembacokan, ia segera meminta warga sekitar untuk menyingkir dari lokasi. "Setelah saya tahu yang dibacok Ketua Forkabi, saya segera meminta warga untuk menyingkir. Karena saya memperkirakan masalah ini akan berbuntut panjang," ujar Sinto.

Perkiraan dia pun tidak meleset, selang beberapa jam usai pembacokan, ratusan massa yang diduga dari massa Forkabi mendatangi lokasi. Massa membakar areal yang diisi puluhan lapak penjual kayu dan mebel itu.

"Karena warga sudah diungsikan, tidak ada warga yang tewas dalam aksi pembakaran ini," ujar Sinto.  Sinto mengaku pihaknya tidak dapat mencegah aksi brutal massa karena jumlah massa yang cukup besar.

Akibat aksi pembakaran yang berlangsung sangat cepat itu, Sinto mencatat 45 kios ludes terbakar, selain itu sedikitnya 6 mobil truk, 13 motor  dan 5 rumah juga turut terbakar.

Aliran listrik di sejumlah rumah warga pun diputus. "Perlu peggantian dan perbaikan selama 16 jam sehingga dilakukan pemadaman sementara di daerah barat, Tangerang dan Cengkareng" ujar Manager Agen PLN Jakbar, Yono di lokasi.

Prediksi Premier League: Manchester City vs Arsenal

Tawuran yang dipicu senggolan mobil Honda Jazz dengan truk itu menewaskan Endid Mawardi (43). Korban merupakan Ketua Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Kecamatan Cipondoh, Tangerang. (hs)

Raffi Ahmad.

Promo Puncak Shopee Big Ramadan Sale 2024, Flash Sale Motor dan HP Rp1 di Shopee Live Raffi Ahmad

Promo Puncak Shopee Big Ramadan Sale 2024, bakal hadir Flash Sale Rp1 di sesi Shopee Live yang akan dipandu oleh selebritis tersohor Raffi Ahmad, 31 Maret & 1 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024