Sampah Jakarta Meningkat Selama Puasa

Traktor memindahkan sampah yang akan dibawa ke TPST Bantar Gebang.
Sumber :
  • ANTARA/Genadi Adh

VIVAnews - Selama bulan puasa, konsumsi masyarakat akan meningkat tajam, terutama saat berbuka puasa dan makan sahur. Hal itu juga membuat volume sampah meningkat.

Volume sampah Jakarta diperkirakan naik mencapai 10 persen. Kenaikan sampah di antaranya berasal dari pedagang kaki lima musiman. Plastik, bungkus kue dan batok kelapa merupakan sampah yang paling banyak selama puasa.

Kepala Suku Dinas Kebersihan Jakarta Timur, Unu Nurdin, mengatakan tidak ada persiapan khusus selama bulan puasa untuk mengendalikan sampah. Hingga kini armada pengankut sampah masih mencukupi.

Karena itu, masyarakat terutama para pedagang, diharapkan untuk membuang sampah tepat pada waktunya, sehingga sampah tersebut dapat diangkut petugas sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Masyarakat diminta kesadarannya untuk mengangkut sampah ke LPS atau lokasi pembuangan sampah," ujarnya di Jakarta, Kamis 12 Agustus 2010.

Di Jakarta Timur, saat ini terdapat sekitar 30 LPS. Masing-masing LPS mampu menampung sekitar 30 meter kubik sampah.

Danone Tidak Termasuk! Ini Daftar Perusahaan Pendukung Israel Menurut PBB

Untuk membuang sejumlah sampah ke TPA Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat, pihaknya telah menyediakan 158 unit truk pengangkut sampah.

Sayangnya, 136 armada di antaranya usianya sudah uzur, yakni di atas 16 tahun, sehingga dianggap sudah tidak laik operasi. Padahal, maksimal, setiap armada mampu mengangkut 2 rit setiap harinya.

Bahkan, agar semua sampah terangkut, pihaknya menggandeng pihak ketiga untuk pembuangan sampah ke TPA Bantargebang, Bekasi.

Saat ini, jadwal pembuangan sampah ke TPA Bantargebang dimulai pukul 06.00–12.00 WIB. Dengan demikian, jika ada masyarakat yang membuang sampah pada sore hari, otomatis tidak dapat terangkut.

Justru lebih baik jika masyarakat membuangnya seusai sahur atau usai shalat subuh, sehingga sampah dapat terangkut. (art)

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer
Presiden Jokowi dan Megawati Sukarnoputri saat di acara HUT PDIP ke-50.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

PDI Perjuangan tidak mau ambil pusing soal pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024