Kali Krukut dan Pesanggrahan Segera Dikeruk

Tanggul Situ Gintung, Cirendeu, Ciputat, jebol
Sumber :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

VIVAnews - Pemerintah Kota Jakarta Selatan segera melakukan pengerukan Kali Krukut dan Kali Pesanggrahan. Pengerukan  diharapkan mampu mengurangi banjir di wilayah Jakarta Selatan, khususnya Bintaro.

Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi mengatakan, pendataan untuk kegiatan pengerukan sudah dilakukan untuk menentukan titik-titik rawan pendangkalan.

Pengerjaan pengerukan Kali Krukut akan dilakukan Pemkot DKI Jakarta, dan pengerukan Kali Pesanggrahan akan dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum.

Berdasarkan pendataan, titik kali yang mengalami pendangkalan kebanyakan berada didekat pemukiman warga.

Sedangkan untuk mengantisipasi banjir, tim evakuasi telah disiapakan, bersamaan dengan tim kesehatan, dan dapur umum. Dalam waktu dekat, pembebasan lahan untuk pelebaran kali juga akan dilakukan. "Saya yakin warga juga tidak ingin terus kebanjiran," ujarnya, Senin 23 Agustus 2010. 

Menurutnya, rencananya kali Pesanggrahan akan  dilebarkan menjadi 40 meter. Pelebaran kali akan dilakukan baik dibagian kiri maupun kanan. Sehingga selain tanah warga, sebagian TPU Tanah Kusir juga akan terkena pelebaran.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan yang mengguyur Jakarta beberapa waktu lalu menyebabkan kali Pesanggrahan dan Kali Krukut meluap sehingga mengakibatkan banjir di beberapa wilayah seperti di wilayah Tanah Kusir, Pondok Indah, Fatmawati,Cilandak, Petogogan.

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang
Presiden Jokowi bertemu CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jakarta, 17/4

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

The Industry Minister, Agus Gumiwang Kartasasmita ensured that Apple's Chief Executive Officer (CEO), Tim Cook puts investment in Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024