H+7 Jakarta Razia Pendatang Baru

Mudik Lebaran : Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • AP Photo/Dita Alangkara

VIVAnews – Pemerintah Jakarta akan melaksanakan operasi yustisi kependudukan (OYK) pada H+7 Lebaran secara serentak di lima wilayah Ibukota. Pendatang baru yang tidak memiliki keahlian apapun dan tidak disertai surat resmi dari daerah asal, harus siap-siap dipulangkan kembali ke kampung halamannya.

"Saya selalu bilang ke pemudik, jangan terlalu mudah mengajak sanak saudara, kerabat, dan tetangganya ke Jakarta. Sebab, ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk bekerja di Ibukota,” kata Gubernur Fauzi Bowo, Sabtu, 11 September 2010.

Gubernur Fauzi menambahkan pemerintah Jakarta sudah jauh-jauh hari sosialisasi ke daerah-daerah otonom yang berada di sekitar Jakarta terkait OYK ini. Bahkan, Fauzi minta pemerintah daerah tetangga terus secara simultan ikut sosialisasi agar penduduknya tidak pindah ke Kota Jakarta.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI, Franky Mangatas Panjaitan, menilai OYK cukup efektif menekan jumlah penduduk ilegal yang tidak memenuhi syarat untuk tinggal di Jakarta.

Hal itu tercermin dalam kurun waktu lima tahun terakhir, pendatang baru terus mengalami penurunan jumlah. Yaitu, tahun 2004 sebanyak 190.356 jiwa, tahun 2005 sebanyak 180.767 jiwa, tahun 2006 sebanyak 124.427 jiwa, tahun 2007 sebanyak 109.617 jiwa dan 2008 menurun cukup signifikan mencapai 88.473 jiwa.

Sesuai dengan ketentuan yang termaktub dalam Peraturan Daerah (Perda) No 4 Tahun 2004 Tentang Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, mereka yang kedapatan tidak memiliki identitas untuk tinggal dapat diancam sanksi kurungan maksimal 3 bulan atau denda maksimal Rp5 juta.

OYK nanti akan dilaksanakan oleh sedikitnya 2.300 petugas gabungan dari berbagai instansi pemerintah. Yakni, Dinas Perhubungan, Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Satpol PP DKI, Dinas Sosial, Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perdagangan, hingga pengurus RT/RW.(ywn)

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban
Manchester United

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Duel Coventry City vs Manchester United dalam Semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Minggu 21 April 2024, pukul 21.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024