Perusahaan Swasta Banyak Langgar HAM

Aksi Hari HAM Sedunia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Tren pelanggaran HAM di Jabodetabek sepanjang tahun 2010 mulai bergeser. Pada tahun ini, pelanggaran terhadap hak manusia lebih banyak dilakukan perusahaan swasta dibanding aparat pemerintah. Pelanggaran ini terkait kasus perburuhan.

"Bukan lagi negara, tapi sudah bergeser ke korporasi," ujar Direktur LBH Jakarta, Nurkholis dalam jumpa pers di kantor LBH, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 9 Desember 2010.
 
Dari 428 pengaduan pelanggaran HAM yang diterima Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, kekerasan terhadap hak manusia yang dilakukan korporasi mencapai 38 persen, pemerintah 23 persen, aparat penegak hukum 21 persen dan individu 16 persen.

Pernyataan ini berdasarkan pengaduan yang diterima LBH Jakarta pada Desember 2009 hingga Oktober 2010. Dari total 1.027 pengaduan yang masuk ke LBH Jakarta, 428 di antaranya adalah pengaduan pelanggaran HAM.

"Pelanggaran seperti PHK sepihak, pelanggaran normatif seperti upah dan THR tidak dibayar, pelanggaran kepegawaian seperti pemberangusan serikat kerja, sistem outsourcing dan kontrak kerja berulang," ujar Nurkholis.

Sementara dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintah masih seperti biasanya, berupa penertiban dan penggusuran. Tapi ada pula pelanggaran yang dilakukan badan pemerintahan terhadap pegawai level tertentu yang merupakan bagian teknis dengan sistem outsourcing.

"Level tertentu bagian teknis melalui outsourcing. Tentu ini menurunkan kinerja pegawai tersebut," ujar pengacara publik LBH Jakarta, M Isnur menambahkan.

Dengan kenyataan seperti ini, LBH Jakarta merekomendasikan dan mendorong untuk dilakukannya akuntabilitas perusahaan. (umi)

Health Minister Conveys How to Handle Arbovirus Disease
Galih Loss

Ucapan Ini yang Buat Galih Loss Ditangkap Polisi?

Kasus ini mencuat setelah konten yang dipublikasikan oleh akun TikTok milik Galih Loss @galihloss3 menuai kecaman, khususnya dari kalangan umat Islam.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024