Berapa Biaya Monorel Serpong-Bandara?

Kereta monorel
Sumber :
  • www.fratkin.com

VIVAnews - Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan membangun jalur monorael yang membentang dari Serpong hingga Bandara Soekarno Hatta.

Di sepanjang jalur monorel sepanjang 26 kilometer ini, nantinya dibangun 14 stasiun (titik perhentian) untuk mengangkut penumpang. Pembangunan monorel ini merupakan bagian dari rencana Tata Ruang Wilayah Propinsi Banten.

Kepala Dinas Perhubungan dan Informasi Porvinsi Banten, Muhammad Husni Hasan memperkirakan pembangunan monorel Serpong-Bandara membutuhkan biaya sebesar Rp3 triliun.  "Biaya sekitar Rp 2,5 hingga Rp 3 triliun," ujar Husni Hasan.

Mengenai sumber dana untuk pembangunan monorel Serpong-Bandara, Husni mengungkapkan, masih dalam pembahasan Pemerintah Provinsi Banten.

Namun, untuk sumber dana pembangunan monorel tidak akan bergantung pada satu sumber saja melainkan akan bekerjasama dengan pihak lain.  

Husni menyatakan awal 2011 pihaknya akan melakukan pembahasan secara intensif dengan melibatkan pihak yang terkait demi segera merealisasikan pembangunan monorel ini. "Karena monorel ini melalui dua wilayah (Kotamadya Tangerang dan Tangerang Selatan), maka akan ditangani langsung oleh Dishub Provinsi Banten" ujarnya.

Pembangunan monorel ini ditujukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Tangerang Selatan. Sedikitnya terdapat 17 titik kemacetan yang salah satunya terdapat di sepanjang jalan Serpong Raya yang nantinya akan dilalui jalur monorel.

Mobil Rubicon Mario Dandy Dilelang! Harga Limitnya Rp809 Juta
Perempatfinal Liga Champions, Real Madrid vs Chelsea

5 klub Sepakbola yang Sering Tampil di final liga champions, Real Madrid Teratas?

Liga Champions, turnamen sepakbola paling bergengsi di Eropa, menjadi mimpinya para klub elite

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024