Dicuri, Lukisan Rp6 M di Rumah Bung Hatta

Mohammad Hatta
Sumber :
  • s88884372.onlinehome.us

VIVAnews - Sebuah lukisan karya Basoeki Abdullah yang dipasang di kediaman pribadi Proklamator Bung Hatta, di Jalan Diponegoro No. 57, Jakarta, dicuri. Rumah itu saat ini ditempati putri bungsu Bung Hatta dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Halida Hatta. Modusnya, lukisan yang asli diganti dengan yang palsu.

Ria Ricis dan Teuku Ryan Resmi Cerai, MA Hapus Putusan Sidang Dari Website

Lukisan ini menggambarkan seorang penggembala dengan tiga ekor kerbau. Mengenakan topi caping, si penggembala duduk di punggung salah satu kerbau.

"Pencurian baru diketahui sekitar bulan November 2010," kata menantu Bung Hatta, Sri Edi Swasono, saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis, 6 Januari 2011.

Menurut Sri Edi, terakhir kali dia melihat lukisan yang asli pada April 2010. "Saya yakin saat itu belum ada pencurian, tapi pada bulan November itu saya melihat lukisan sudah berubah," ujarnya.

Sri Edi sudah meminta keterangan dua pakar lukisan, yakni Haryono Haryoguritno dan Agus Dermawan dan "mereka mengatakan lukisan yang ada di rumah saat ini adalah yang palsu."

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 Akan Hadir di Kemayoran, Catat Tanggalnya!

Lukisan itu bernilai amat tinggi. "Menurut para ahli lukisan, itu harganya mencapai Rp6 miliar," kata Sri Edi.

Pencurian itu sudah dilaporkan ke polisi oleh Sri Edi bersama istrinya, Meutia Hatta, pada 27 Desember 2010 lalu. (kd)

Ilustrasi Partai Golkar.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

Golkar memang mau tak mau harus mencari Habibie baru walau harus sampai ke dasar tumpukan jerami bila ingin menang absolut di pemilu mendatang, menurut pengamat.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024