Lukisan di Rumah Bung Hatta

Polisi Buru Pencuri Hingga ke Jawa Tengah

Lukisan Basuki Abdullah palsu.
Sumber :

VIVAnews - Polisi menduga pencuri lukisan karya Basoeki Abdullah di kediaman proklamator Bung Hatta adalah bekas pembantu di rumah itu. Pihak keluarga pun mengakui pernah memecat pembantu karena diduga mencuri.

"Memang ada pembantu yang dikeluarkan, tapi saya tidak tahu persis kasusnya," kata menantu Bung Hatta, Sri Edi Swasono, saat dihubungi VIVAnews, Kamis 6 Januari 2011.

Menurut Sri Edi, pembantu itu pun sudah dilaporkan istrinya, Meutia Farida Hatta Swasono, ke polisi. "Istri saya memang mencurigai dia, itu sudah ada di laporan," ujarnya.

Sebelumnya, polisi mencurigai pencuri lukisan seharga Rp6 miliar itu adalah bekas salah satu pekerja di rumah itu. Pengecekan bahkan telah dilakukan hingga ke rumah di daerah Jawa Tengah. Tapi pencarian itu belum juga membuahkan hasil. "Pembantu itu pernah ada kasus di Jakarta Timur. Apakah lukisan itu sudah dijual atau belum, kan tidak tahu."

Lukisan yang dicuri itu adalah lukisan yang menggambarkan seseorang yang sedang mengembala tiga ekor kerbau. Pengembala yang mengenakan topi caping itu terlihat duduk di salah satu kerbau.

Lukisan itu dicuri dan diganti dengan yang palsu dari rumah pribadi Bung Hatta di Jalan Diponegoro Nomor 57, Jakarta Pusat. Menurut Sri Edi, rumah itu saat ini ditempati oleh putri bungsu Bung Hatta, Halida Hatta.

Kasus pencurian itu, lanjut Sri Edi, sudah dilaporkan dia bersama dengan istrinya, Meutia Hatta Swasono pada 27 Desember 2010.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina
Pemain Arsenal, Gabriel Magalhaes merayakan gol

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bukayo Saka adalah salah satu pemain Arsenal yang kabarnya akan absen saat melawan Manchester City pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024