Kriteria Gubernur DKI Menurut Prijanto

Wakil Gubernur DKI Prijanto
Sumber :
  • jakarta.go.id

VIVAnews - Pemilihan Gubernur DKI Jakarta sebentar lagi akan digelar, tepatnya pada 2012. Sejumlah tokoh yang akan mencalonkan diri sebagai DKI 1 sudah mulai terdengar namanya.

Salah satunya Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto. Namun, saat ditanya mengenai kesiapannya maju sebagai calon Gubernur DKI tahun depan, Prijanto hanya tersenyum.

"Siapa saja bisa menjadi gubernur," ujar Prijanto singkat saat ditemui wartawan di kantornya, Balaikota DKI Jakarta, Jumat, 14 Januari 2011.

Tak lama kemudian, Prijanto mulai menjelaskan beberapa hal terkait kualifikasi untuk menjadi pemimpin ibukota. Ada tiga hal yang dianggapnya harus dipenuhi dan dilakukan oleh seorang gubernur saat memimpin pemerintahan.

"Pertama, pada waktu terjadi proses penyusunan RAPBD seluruh pokok pikiran masyarakat harus secara berurutan dipaparkan, tidak pada saat sudah di ujung pembahasan," ungkapnya.

Kedua, menurut Prijanto pada saat pembahasan diperlukan lembaga independen resmi yang mengawasi, yang juga merupakan tangan kanan Presiden. Guna lembaga ini tentunya untuk mengawasi BPKD.

"Sekarang hanya pada pelaksanaan diawasi, harusnya pada saat tahap perencanaan. Harus dibicarakan terbuka dan termonitor," katanya.

Terakhir, Prijanto menilai seorang Gubernur harus terbuka, terutama terhadap masalah perencanaan. Pembangunan ibukota akan berjalan baik apabila perencanaan baik dan terbuka.

"Semua pokok-pokok pikiran harus masuk dalam perencanaan dan didahulukan yang prioritas," jelasnya.

Usai memaparkan tiga hal tersebut, ketika kembali ditanya rencananya mencalonkan diri, Prijanto hanya menjawab singkat.

"Kalau sudah begitu, siapa pun Gubernurnya, Jakarta bagus," tegasnya.

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung
The Perfect Strangers

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

Dari sana lah, Yessy mengembangkan cerita dan karakter dalam untuk The Perfect Strangers yang tak disangka-sangka punya banyak sekali penggemar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024