DKI Diminta Cermati Tujuh Jembatan Anjlok

Jembatan Suramadu
Sumber :
  • Eric Ireng

VIVAnews - Konsursium Jakarta Coastal Defence Strategy (JCDS) berharap Dinas Pekerjaan Umum menindaklanjuti hasil penelitian penurunan muka tanah yang berdampak pada anjloknya sejumlah jalan dan jembatan di Jakarta.

Deputy Representative Bos Witteveen, salah satu perusahaan anggota konsorsium Jakarta Coastal Defence Strategy (JCDS), Sawarendro menegaskan, Pemerintah DKI Jakarta tentunya telah mengantisipasi persoalan ini dengan melakukan pendekatan jangka panjang. "Tentu dipertimbangkan Pemerintah DKI Jakarta," ujar Sawarendro, Rabu 9 Februari 2011.

Dipastikan Sawarendro, penurunan permukaan tanah di Jakarta, terjadi antara 5-10 sentimeter setiap tahunnya. Dalam studi persiapan untuk pembuatan tanggul raksasa di wilayah Jakarta Utara, tim JCDS menemukan fakta bahwa sejumlah jembatan ikut mengalami amblas seiring penurunan muka tanah atau land subsidence.

Pada keterangan lain, peneliti geodesi Institut Teknologi Bandung, Heri Andreas, juga memastikan ada penurunan permukaan tanah terus meluas. Pintu Air Pasar Ikan, Jakarta Utara, mengalami penurunan tanah yang menyebabkan genangan air banjir rob meninggi hingga 2 meter.

Setidaknya, ada tujuh jembatan terkena dampak dari penurunan permukaan tanah. Jembatan itu adalah Kamal Muara, Jakarta Utara, Mangga Dua, Jakarta Barat, Ancol, Jakarta Utara, Pluit, Jakarta Utara, Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, dan Mangga Besar, Jakarta Barat.

Berdasarkan data yang dimiliki JCDS, penurunan permukaan tanah Jakarta terjadi sejak 1974 dan akan terus meluas. Data terbaru 2010 menyebutkan sebanyak 40 persen wilayah Jakarta berada di bawah permukaan laut.

Dalam kurun waktu 1974-2010 telah terjadi penurunan permukaan tanah di wilayah Jakarta hingga 4,1 meter. Ini khususnya terjadi di wilayah Muara Baru, Cilincing, Jakarta Utara.

Penurunan serupa juga terjadi di sejumlah wilayah lain, seperti di Cengkareng Barat setinggi 2,5 meter, Daan Mogot 1,97 meter, Ancol 1,88 meter (titik pantau di area wisata Ancol), Cempaka Mas 1,5 meter, Cikini 0,80 meter, dan Cibubur 0,25 meter.

Apple CEO Tim Cook to Visit Indonesia for Investment Discussion
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

Serangan Iran ke Israel dinilai sebagai aksi balasan yang sah sesuai piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Panglima TNI geram dengan ulah OPM

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024