Ratusan Pendemo Desak Nurdin Halid Turun

Demonstrasi menuntut mundur Nurdin Halid di kantor PSSI, Jakarta
Sumber :
  • Antara Foto

VIVAnews - Sekitar 500 orang yang tergabung dalam Alinasi Suporter Seluruh Indonesia mengelar aksi unjuk rasa di depan kantor Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Senayan, Jakarta. Mereka menentang pencalonan Nudin Halid sebagai Ketua Umum PSSI periode 2011-2015.

Pengunjuk rasa merupakan gabungan suporter klub-klub sepakbola seperti Arema Malang, PSIS Semarang, Persibo Bojonegoro, dan Boromania. Di antara mereka ada yang datang dengan membawa kendaraan dilengkapi perangkat sound system.

Dalam aksinya, mereka meneriakkan "revolusi PSSI" dan mendesak Nurdin Halid mundur dari bursa pencalonan Ketua Umum PSSI. Sejumlah spanduk dan poster yang bertuliskan desakan agar Nurdin segera turun, dipasang pengunjuk rasa di pagar halaman kantor PSSI.

Gaza dan Sudan Terus Dilanda Konflik, Umat Muslim Tidak Bisa Merayakan Idul Fitri Seperti Biasa

Sejauh ini, aksi berlangsung tertib.

Dari pantauan VIVAnews.com, massa demonstran datang dari berbagai daerah, antara lain dari Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Mereka mulai berunjuk rasa sejak pukul 12 siang. 

Koordinator demonstran dari Semarang, Wares, menegaskan mereka menuntut Nurdin turun karena selama ini dinilai tidak membawa hasil positif dalam persepakbolaan Indonesia. "Ini puncak dari Piala AFF," kata dia. Di ajang internasional itu, meski menang di final leg ke-2, tim Merah Putih ditundukkan Malaysia dan kembali gagal memboyong piala.
 
Karena unjuk rasa ini, kantor PSSI ditutup sementara. Di kawasan itu, sebanyak 700 personil gabungan dari Brimob dan Polda Metro Jaya telah berjaga-jaga sejak pagi. Bahkan, satu kendaraan barakuda ikut disiagakan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar, meminta pengunjuk rasa melakukan aksi secara tertib. "Tentunya, kami akan lakukan pengamanan dan pengawalan terhadap pengunjuk rasa," kata Djafar.  (Laporan: Ronito Kartika Suryani | kd)

Hasil Lengkap Pertandingan Pebulutangkis Indonesia di BAC 2024: Grego, Jonatan dan Ginting Ngamuk
Pemudik berhenti di bahu jalan tol

Polri Catat 301 Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran, 26 Orang Tewas

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencatat ada 301 peristiwa kecelakaan yang terjadi selama arus mudik Lebaran 2024 di seluruh Indonesia. Kecelakaan tersebut mengakib

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024