Polantas 'Juara' Pengaduan Warga

Apel Pasukan
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Anggota Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya paling banyak diadukan masyarakat terkait pelanggaran dan ketidakpuasan pelayanan masyarakat. Ini berdasarkan data selama Januari 2011 terkait pengaduan masyarakat soal polisi 'nakal'.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Djafar mengatakan, selama Januari 2011 ada 22 pengaduan masyarakat. Dari 22 pengaduan itu di antaranya adalah:

1. Direktorat Lalulintas: 3 pengaduan
2. Polres Jakarta Selatan: 1 pengaduan
3. Polres Jakarta Barat: 1 pengaduan
4. Polres Jakarta Timur: 2 pengaduan
5. Polres Bekasi: 1 pengaduan
6. Polres Tangerang Kabupaten: 2 pengaduan

"Kalau personelnya, perwira pertama (pama) dua orang dan bintara tujuh orang. Kalau satuan kerja Ditlantas yang paling banyak diadukan," ujarnya kepada VIVAnews.com, Kamis, 23 Februari 2011.

Dia menjelaskan pengaduan masyarakat dengan cara datang langsung 10 pengaduan, melalui email dan SMS 3 pengaduan serta melalui surat 9 pengaduan.

Dari 22 pengaduan yang diterima, satu pengaduan sudah ditindak sedangkan sisanya masih dalam proses penyidikan Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Metro Jaya.

Namun, Baharudin, tidak merinci jenis-jenis pelanggaran yang diadukan dalam 22 pengaduan masyarakat itu. "Intinya, banyak dugaan pelanggaran dilakukan anggota kami," jelasnya.

Dia menegaskan, pihak Propam tidak akan pandang bulu dalam mengambil tindakan. Sebab, kerja polisi adalah melayani masyarakat.

Berdasarkan data di Bidang Profesi dan Pengaman Polda Metro Jaya, tercatat pada tahun 2010, sebanyak 553 pengaduan masyarakat diterima Polda Metro Jaya. Dari 553 pengaduan, 140 telah selesai diambil tindakan, 110 pengaduan tidak terbukti serta yang masih dalam proses sebanyak 284.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024