Mimpi Pemanjat Satu Kaki Taklukan Kilimanjaro

Bundaran HI
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Muhammad Sabar bermimpi menaklukkan pegunungan Kilimanjaro, Tanzania dan pegunungan Elbrus, Rusia dengan satu kakinya. Cita-cita itu akan diwujudkannya dalam misi  Ekspedisi Merdeka.

Lelaki kelahiran Solo 9 September 1968 itu bertekad menancapkan Bendera Merah Putih di Kilamanjaro Juli mendatang dan Elbrus pada hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2011. Menurut Sabar, sebelum kehilangan satu kakinya, dia telah menaklukan beberapa puncak Gunung, antara lain Gunung Lawu, Merbabu, Merapi, Sindoro, Gunung Sumbing, Gede-Pangrango, dan Rinjani.

Ayah dari seorang anak perempuan ini mengungkapkan, kaki kanannya hilang karena jatuh dari Kereta Api barang jurusan Jakarta -Solo di Karawang pada tahun 1990. Akibat peristiwa itu, jelas Sabar, dia sempat mengalami shok dan kehilangan semangat selama 1 tahun. Namun karena banyaknya tantangan dan ledekan dari teman-temannya akhirnya dia bangkit dan tidak trauma untuk menggunakan kereta api sebagai alat transportasi.

Untuk memuluskan obsesinya menaklukkan pegunungan Kilimanjaro dan pegunungan Elbrus, Sabar meminta dukungan dari semua pihak terutama pemerintah. Kata Sabar, Menko kesra, Agung Laksono telah memberikan dukungannya dan meneruskan kepada Menteri Sosial, Menpora, dan Menkominfo.

"Saya berharap pemerintah memberikan dukungan semuanya mulai dari pendanaan hingga pengurusan surat agar mempermudah rencana pendakian ini," kata Sabar saat berbinacang dengan VIVAnews.com Minggu, 29 Mei 2011.

Rencana Sabar untuk mendaki pegunungan Kilimanjaro dan Elbrus diawali dengan memanjat tugu selamat datang di Bunderan HI. Aksi tersebut didukung oleh salah satu media. Pemimpin Redaksi media itu, Teguh Santosa mengatakan aksi ini untuk menunjukkan bahwa kekuarangan fisik bukan beban tapi tantangan.

"Aksi ini juga dilakukan untuk memperingati hari lahirnya Pancasila yang bertepatan pada 1 Juni dan juga Hari Kebangkitan Nasional, " kata Teguh.

Teguh berharap aksi itu dapat memberikan semangat pada semua pemuda dan bangsa Indonesia. Dan juga rekan yang senasib dengan Sabar yaitu para penyandang cacat untuk bangkit.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Sumber Foto: Antara/M Agung Rajasa

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024