4.541 Pasangan Ikut Nikah Massal di Jakarta

Nikah Massal
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Sebanyak 4.541 pasangan akan dinikahkan secara massal di Jakarta. Acara resepsi akan digelar di Istora Senayan Jakarta pada Selasa 19 Juli mendatang.  Kegiatan yang diadakan oleh Yayasan Pondok Kasih dan stasiun televisi B Channel ini akan diikuti oleh pasangan pengantin dari kelompok pra sejahtera.

"Ini untuk membantu kalangan yang tidak mampu, yang tidak mempunyai akses dan kemampuan untuk memenuhi administrasi seperti buku nikah. Bahkan pasangan tertua 86 tahun, sudah sampai punya cucu tapi belum memiliki buku atau akta nikah," kata Sofia Koswara, Direktur Utama 'B Channel' saat menggelar konferensi pers di Plaza Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu 13 Juli 2011.

Pernikahan ini juga akan berlangsung secara lintas agama, artinya kelima agama yang ada di Indonesia akan ikut serta dalam hajatan besar ini. Namun mengingat peraturan yang ada di Indonesia, tak akan ada pasangan berbeda agama yang dinikahkan dalam acara ini.

"Dari 4541 pasangan, 3000 diantaranya adalah muslim," kata Sofia.

Pengumpulan data dan proses pernikahan sudah mulai dilakukan sejak tiga bulan lalu. Penyelenggara bekerjasama dengan Pemda DKI untuk mensukseskan pernikahan massal lintas agama ini.

"Kesulitannya, masalah administrasi kependudukan, kita bersyukur dapat kemudahan dari Pemda DKI. Salah satu kemudahannya adalah sampai malam pun mereka bersedia menikahkan, makanya bisa mencapai angka tersebut," kata Direktur Corporate Affairs 'B Channel', Gilang Iskandar di tempat yang sama.

Terhitung sejak tiga bulan lalu, proses pernikahan sudah mulai dilakukan. Tadinya pihak penyelenggara memang akan menikahkan ke-4541 pasangan itu secara berbarengan, namun mengingat waktu yang tidak mencukupi, maka pernikahan mulai dicicil sejak tiga bulan lalu dan resepsinya diadakan berbarengan. "Masih ada 200 orang yang akan dinikahkan di wilayah Kalideres besok. Untuk resepsi juga akan ada perwakilan pasangan pengantin. Jadi saat resepsi nanti akan ada perwakilan satu pasang dari tiap agama," kata Gilang.

Mengenai konsep resepsinya, Gilang menuturkan bahwa mereka juga akan dibantu oleh Pemda DKI. Jumlah yang mencapai ribuan orang tersebut juga akan ditampung di halaman Istora, mengingat kapasitas gedung yang mungkin tidak mencukupi.

"Setiap pasangan pengantin akan didampingi dua orang. Kapasitas gedung mungkin tidak mencukupi, jadi selebihnya ditampung di halaman, akan ada tenda dan TV plasma," kata Gilang.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan
VIVA Militer: Bendera Israel

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

Kementerian Luar Negeri Australia memperingatkan bahwa situasi keamanan dapat memburuk dengan cepat, tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024