Desain Baru Bandara akan Bikin Macet?

Desain Baru Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • PT Angkasa Pura II

VIVAnews - Konsep 'kota baru' yang diusung dalam desain baru rencana induk Bandara Internasional Soekarno-Hatta diyakini dapat mewujudkan harapan warga Indonesia memiliki bandara berkelas.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Tidak hanya itu, dengan berbagai fasilitas yang ada, masyarakata dibuat serasa tidak berada dalam airport. Bandara akan terintegrasi dengan stasiun kereta, pusat perbelanjaan, dan gedung perkantoran.

Di sana juga akan dibangun lokasi parkir berkapasitas 20 ribu unit kendaraan, serta area komersial yang dilengkapi bisnis center, hotel transit dan meeting room.

Namun, sebelum semua itu dibangun, pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Yayat Supriatna menilai ada baiknya terlebih dahulu dibenahi infrastruktur transportasinya. Sebab, Yayat mengungkapkan, jangan sampai pengembangan bandara justru menimbulkan masalah baru, yaitu kemacetan.

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

"Dengan kondisi jutaan orang bergerak ada potensi pasar yang besar, mobilitas tinggi. Tapi yang jadi pertanyaan, kalau sudah ramai, aspek kenyamanan bagaimana? Sebab bandara akan semakin padat dan macet," kata Yayat saat berbincang dengan VIVAnews.com. Yang terpenting adalah bagaimana membuat akses pergerakan bandara ke tempat lain.

Selain itu, Yayat menjelaskan, pembangunan tetap harus memperhatikan faktor keamanan. Sebab kawasan itu harus bebas dari bangunan tinggi yang membahayakan keselamatan penerbangan.

Sebagai antisipasi, dia menyarankan agar PT Angkasa Pura II membicarakannya dengan pemerintah kota setempat dan kementrian terkait. Ada baiknya disingkronkan deng rencana tata ruang Kota Tangerang, karena bandara akan menjadi pusat ekonomi baru.

"Jangan sampai hanya untung sendiri. Minimal konsepnya masuk dalam rencana tata kota yang ada. Perizinan bangun hotel dikeluarkan pemda atau bandara. Zoning regulation, dan peraturan tata bangunannya bagaimana," ungkap dia. (eh)

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23
Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman disegel oleh warga setempat, Kades dituduh hubungan sejenis

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024