DKI Jamin Perda Tata Ruang Bebas Deal Politik

Manfaatkan Sungai Ciliwung
Sumber :

VIVAnews - Pemerintah Provinsi Jakarta membantah main mata dengan DPRD DKI Jakarta untuk pengesahan peraturan daerah mengenai rencana tata ruang wilayah DKI 2030.

Kepala Dinas Tata Ruang DKI, Wiriyatmoko menjelaskan, terhambatnya pengesahan Perda RTRW 2030, dikarenakan ada masalah dari sisi materi dan isi perda belum disepakati secara bersama. Tak ada masalah lain yang menghambat, apalagi mengenai deal politik.

"Tidak ada deal. Profesional saja, dan itu tidak benar," kata Wiriyatmoko, Kamis, 25 Agustus 2011.

Wiriyatmoko, yang mengetahui seluruh proses pembahasan peraturan itu, yakin tidak ada yang lain. Mengenai adanya deal hingga ratusan juta antara Pemprov DKI dan anggota DPRD, hanya kabar yang tidak jelas asal usulnya. Namun faktanya, perda ini sampai tertunda penetapannya hingga dua tahun.

"Itu tidak perlu dibesar-besarkan. Tidak perlu diusut," kata Wiriyatmoko.

Seperti disampaikan sebelumnya, dewan mengimbau kepada eksekutif agar segera mensosialisasikan perda tata ruang wilayah itu kepada masyarakat, terutama terkait perubahan peruntukan. Hal itu untuk meminimalisir pelanggaran peruntukan dan pemanfaatan lahan.

Materi yang diatur dalam Perda rancang bangun itu antara lain mitigasi bencana meliputi pemanfaatan dan pendayagunaan kawasan evakuasi bencana, pemanfaatan dan pengelolaan ruang pada kawasan rawan banjir, serta pengembangan sistem peringatan dini.

Selain itu juga memuat Peraturan Zonasi yang mengatur struktur ruang dan pola ruang sistem pusat kegiatan, sistem dan jaringan transportasi, sistem prasarana sumber daya air, sistem dan jaringan utilitas perkotaan, kawasan lindung dan kawasan budidaya.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?
Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024