Proyek Trans Jabodetabek-Tangerang Molor

Bus Trans Jakarta mengantri di halte Harmoni.
Sumber :
  • ANTARA/Herka Yanis Pangaribowo

VIVAnews - Rencana pemerintah Kota Tangerang  menyediakan trayek Transjabodetabek-Tangerang dengan rute Kalideres-Poris Plawad Tangerang diperkirakan bakal tertunda. Alasannya, pengoperasian bus lane tersebut masih terkendala belum jelasnya peraturan yang terkesan tumpang tindih.

"Saat ini sedang melakukan kajian teknis untuk percepatan persiapan pelaksanaan buslane di Tangerang. Hanya saja kemarin kita membahas peraturan-peraturan yang masih dirasakan abu-abu. Artinya, pelaksanannya tentunya harus aman dan  sesuai dengan aturan," kata Wakil Walikota Tangerang Arief R Wimansyah kepada VIVAnews.com, Senin, 26 September 2011.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Menurut Arief, Pemkot Tangerang melalui Dinas Perhubungan sampai saat ini terus melakukan percepatan proses pelaksanaan Transjabodetabek-Tangerang. Caranya dengan melakukan kajian-kajian terhadap peraturan pemerintah yang sejauh ini belum jelas.

Namun diakui peraturan yang masih tumpang tindih menjadi kendala dalam proses tender pihak ketiga sebagai operator Transjabodetabek nantinya. Pemkot Tangerang juga masih terus menjajaki kemungkinan kerjasama dengan pihak Trans Jakarta, Damri atau Prima Jasa sebagai pihak operator.

"Saat ini terkait pelaksanaannya, Dishub juga sedang melakukan koordinasi dengan Trans Jakarta yang sudah beroperasi," ujarnya.

Sejumlah aturan yang belum jelas statusnya antaranya mekanisme pengoperasian busway apakah menggunakan sistem sewa, pinjam pakai atau pola kerjasama.

"Dari beberapa aturan ini tetap harus mengedepankan salah satunya. Sehingga pada proses pelaksanaannya sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya.

Untuk proses tender sendiri, Arief mengaku sampai kini belum bisa dilakukan. "Makanya saat ini proyeknya sedang di pararelkan untuk bisa melakukan percepatan pelayanan buslane di Tangerang," katanya.

Diakui Arief, persiapan teknis sendiri sudah disiapkan Pemerintah Kota Tangerang seperti pembuatan halte, jalur dan marka jalan. Sementara sarana dan prasarana pendukung telah siap sejak satu bulan lalu diantaranya jalur buslane sepanjang 18 kilo meter, 10 unit bus trans Jabodetabek-Tangerang, dan shelter atau halte trans jabodetabek di terminal Poris Plawad.

Bus Lane Tangerang akan beroperasi dari Terminal Kalideres menuju Terminal Poris Plawad Tangerang dengan rute Kalideres-Jalan Daan Mogot-jalan By Pass Sudirman - Jalan Benteng Betawi -Terminal Poris Plawad.

Sementara itu, Bus Lane Tangerang tidak mempersiapkan pemberhentian di tengah jalan. Halte Bus Lane Tangerang hanya di dua tempat, yakni terminal Kalideres dan terminal Poris Plawad. (Laporan: Muhammad Iyus|Tangerang)

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun
Bea Cukai tindak ribuan batang rokok ilegal yang dikirim melalui jasa ekspedisi

Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal

Tarif cukai yang naik secara terus menerus dinilai memberatkan pelaku usaha dan membuat rokok ilegal semakin subur.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024