BPOM Usut 30 Situs Penjual Obat Kuat Palsu

Obat Kuat
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Operasi penertiban obat ilegal yang digelar satuan tugas pemberantasan obat dan makanan ilegal mengidentifikasi 30 situs yang mempromosikan obat ilegal dan palsu--sebagian besar obat kuat dan kosmetik. Ketua Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kustantinah, menjelaskan obat-obatan itu tidak terdaftar dan statusnya ilegal.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

"Menurut undang-undang, seluruh obat harus terdaftar di BPOM, harus dilihat mutu dan keamanannya," kata Kustantinah di Jakarta, Rabu 5 Oktober 2011.

Dia melanjutkan penggunaan obat-obat tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, tidak diketahui bagaimana efek dari penggunaannya. "Kalau ilegal dan palsu kami tidak tahu apakah aman atau tidak," tambahnya.

Kustantinah mengungkapkan di antara obat-obatan itu juga terdapat yang hanya boleh didapatkan dengan resep dokter. "Obat-obat jenis ini tidak boleh dipromosikan, cuma boleh di media kedokteran," tuturnya.

Menurutnya, tidak semua obat bisa dipromosikan di media umum, sebab berbahaya bila tidak ada petunjuk dokter atau ahlinya. "Masyarakat bisa menelannya kapan saja, sehingga tidak ada jamianan akan lebih sehat atau parah," dia menerangkan.

Untuk itu, Kustantinah meminta masyarakat agar tidak mudah tertipu terhadap promosi obat-obatan, baik itu melalui website ataupun pada media lainya. "Tidak ada jaminan dan keamanan mengkonsumsi obat-obatan ilegal. Kami harap masyarakat jangan membeli obat-obat tersebut," ujarnya.

Berikut ini nama-nama situs yang diidentifikasi satuan tugas BPOM.

Obatkuat-aling.com
Obatperangsang-wanita.com
Obatkuatku.com
Tokodepan.com
Obatkuatsex.net
Obat kosmetikherbal.com
Suntikputih.com
Kedaiobat.com
Rajaobatmurah.com
Dunia kosmetik.com
Jualobatkuat.com
Toko69.com
Tokopriadewasa.com
Obatperkasa.com
Obatkuatsuper.com
Obat-aborsi.com
Pusatobataborsi.com
Telanbulan.com
Permenkaretperangsang.webs.com
Griyaklinikshop.indonetwork.co.Id
Klinikkecantikan.indonetwork.co.Id
Uye69.com
Obatkuatperkasa.com
Agenviagra.com
Obatkuatsexonline.com
Clinicpasutri.com
Rumahfarmasi.com
Estojaya.com
Ciptaglobalraya.com

Sosialisasi Regulasi Pelindungan Kerja Bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM)

Kemnaker Mendukung Penataan NLE dengan Diimbangi Peningkatan Pelindungan Kerja TKBM di Pelabuhan

Kemnaker mendukung pelaksanaan Inpres Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistisk Nasional (NLE), yang berorientasi pada kerja sama antar instansi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024